Upload C1 Belum 100 Persen, KPU Kalbar Terkendala Letak Geografis Kabupaten/Kota

Namun demikian Erwin mengaku pihaknya akan terus memantau dan berharap jika tidak ada halangan bisa sampai 100 persen.

Upload C1 Belum 100 Persen, KPU Kalbar Terkendala Letak Geografis Kabupaten/Kota
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Erwin Irawan Komisioner KPU Kalbar. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Komisioner KPU Kalbar Erwin Irawan mengatakan saat ini data yang sudah masuk dan di upload oleh KPU berkenaan dengan hasil perhitungan Pemilihan Gubernur adalah 94 persen, namun untuk mencapai angka 100 persen KPU memiliki kendala salah satunya adalah letak geografis, Jum'at (29/06/2018).

"C1 inikan mulai dari kemarin masih berjalan, dan sekarang sudah sampai 94 persen. Kendala-kendala dilapangan terkait penjemputan C1 inikan bagi daerah-daerah yang cukup sulit, seperti di Kapuas hulu, Melawi yang memang keadaan geografis dan cuaca yang memang tidak bisa mempercepat mereka mengantarkan C1," Ujarnya saat di hubungi Tribun.

Baca: Website KPU Sulit Diakses, Ini Penjelasan Komisioner KPU Kota Pontianak

Namun demikian Erwin mengaku pihaknya akan terus memantau dan berharap jika tidak ada halangan bisa sampai 100 persen hari ini (Jum'at).

"Kami akan terus memantau, mudah-mudahan hari ini tidak ada halangan ya bisa sampai 100 persen," Sambungnya.

Erwin menjelaskan samapai saat ini dari
14 kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Barat, baru 4 - 5 Kabupaten/Kota saja yang selesai. Sementara itu 9 Kabupaten/Kota lainnya masih berjalan dan diharapkan bisa sampai 100 persen malam ini (Jum'at).

"Yang sudah selsai 4-5 Kabupaten/Kota, jadi kurang lebih 9 lagi belum selsai, sambil berjalan lah ya. Ini kan karena keadaan geografis, cuaca juga yang membuat kawan-kawan PPK PPS menjadi kendala untuk menyampaikan Ke KPU, Kalau yang lain-lain tidak ada" Lanjutnya.

Namun terkait hasil akhir apakah bisa ditentukan dari data yang ditampilkan KPU melalui website resminya tersebut, Erwin mengatakan belum bisa di pastikan. Karena masih ada mekanisme yang harus dijalankan, seperti pleno ditingkat PPK, KPU Kabupaten Kota hingga ke KPU Kalbar.

"Kita belum bisa pastikan, Upload C1 ini adalah sebenarnya bentuk keterbukaan dari pada KPU ke masyarakat, agar masyarakat juga udah tahu ini hasilnya. Tapi upload itu belum juga menentukan itu sudah sebagai pemenang tidak, nanti kami akan tetap melakukan mekanisme manual dan rapat pleno di tingkat Kabupaten/Kota untuk menentukan Bupati/Walikota sedangkan Pilgub di provinsi," Jelas anggota komisioner KPU Kalbar itu.

Salah satu mekanismenya adalah seperti saat ini sudah dimulai rekapitulasi di tingkat kecematan, lalu dilanjutkan di tingkat Kabupaten-kota dan hasil akhir dibacakan saat pleno di provinsi.

"Kalau di tingkat TPS itu C1 kalau di Kecematan itu di rekap ke form DAA dan DAA1 untuk di tingkat kabupaten kota dari rekap hasil kecamatan itu akan dibacakan di tingkat kabupaten/kota dan dari hasil pleno kabupaten/kota itu nanti dibacakan lagi di tingkat provinsi," Ujarnya.

Adapun jadwal dari rekapitulasi dan pleno di setiap tingkatan, Erwin menjelaskan jikalau di Kecematan sudah dimulai dari 28-4 Juli dan di Kabupaten/Kota akan dilaksanakan pada 4-6 Juli dan untuk rekap ditingkat Provinsi 7-9 Juli.

Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved