Siswa Jangan Alergi Politik Agar Bisa Jadi Pemilih Mula yang Cerdas

Tak perlu alergi tehadap politik. Bahkan jika Anda adalah seorang pemuda yang masih duduk di bangku sekolah

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Tak perlu alergi tehadap politik. Bahkan jika Anda adalah seorang pemuda yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas sekalipun.

"Kita jangan alergi dengan politik. Indonesia tidak akan merdeka tanpa politik," ujar pakar pendidikan di Kalbar Dr Aswandi, Selasa (20/06/2018)

Ia menilai, politik mesti dikenalkan kepada siswa sejak usia sekolah. Dengan demikian, harapannya, siswa tersebut bisa siap saat tiba masanya nanti menjadi pemilih pemula.

Baca: Disparpora Sambas Sosialisasikan Tanda Daftar Usaha Pariwisata

Karena itu, literasi politik mutlak diperlukan para siswa di sekolah. Bahkan tak terkecuali bagi para guru, sebagai pendidik di sekolah.

Hal ini, katanya, diperlukan para guru di sekolah-sekolah. Sehingga bisa memberikan pencerahan kepada siswa terkait politik.

Dengan demikian bisa menjadi sarana pembentukan kompetensi politik yang baik bagi siswa. Muaranya, tentu menyiapkan para siswa agar nantinya bisa menjadi pemilih cerdas dalam berbagai event demokrasi.

"Baik siswa maupun guru akan punya kompetensi dan literasi politik yang cerdas. Menjadi pemilih cerdas dalam agenda perpolitikan negara, khususnya sebagai warga negara yang punya hak memilih dan dipilih," pungkasnya.

Penulis: Ishak
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved