Merawat Motor Agar Tetap Nyaman Dikendarai, Tiga Hal Ini Harus Dilakukan

Saringan udara berfungsi untuk menyaring udara kotor dan menjaga kualitas udara yang masuk kedalam ruang bakar.

Merawat Motor Agar Tetap Nyaman Dikendarai, Tiga Hal Ini Harus Dilakukan
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Seorang pengendara bersama motor maticnya 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Anesh Viduka

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Merawat kendaraan bermotor bukanlah hal sulit untuk dilakukan, terlebih itu kendaraan pribadi, namun hal ini sering dianggap sepele oleh sebagian orang, akibatnya peforma kendaraan menjadi tidak maksimal bahkan kendaraan terlihat usang dari usianya.

Secara umum yang paling vital dan mesti rutin di check adalah injeksi atau karburator, check saringan udara maupun busi kendaraan.

(Baca: Warga Singkawang Siap Kawal Kemenangan Midji-Norsan )

Berikut tips merawat kendaraan bermotor, khususnya roda dua dari mekanik senior sekaligus owner bengkel Agung Motor, Pontianak, Kalimantan Barat, Toegimin Fudjiarto alias pak Cung.

1. Ganti Oli Secara Rutin
Berfungsi sebagai bahan pelumas, oli berperan penting dalam menjaga peforma dan kondisi mesin kendaraan. Mengganti oli secara rutin bisa menjaga keawetan kendaraan. Dianjurkan oli mesin diganti setelah menempuh jarak 1.500 Km.

Bagi pegendara yang sering bepergian jauh sebaiknya menggunakan oli mesin yang SAE (Society of Automotive Engineers) nya 20W50. Semakin kecil angka SAE maka semakin rendah tingkat kekentalannya.

2. Perawatan Aki (Accu)
Aki merupakan sumber arus listrik bagi kendaraan, jika sering dipakai otomatis kinerja aki akan menurun, jika aki sudah tidak berfungsi dengan baik maka akan mengakibatkan CDI nya rusak, akibatnya motor rentan mogok bahkan susah dinyalakan.

Pada pemakaian normal, aki bisa bertahan selama 1-2 tahun.

Beberapa penyebab aki cepat soak adalah penggunaan arus listrik kendaraan yang berlebihan, contohnya memasang klakson modifikasi, memasang lampu HID dan stop lamp nya nyala terus.

(Baca: Kampanye Dialogis di SP4, PH YO: Kami Serius Membangun Kabupaten Sanggau )

Jika yang digunakan adalah aki basah, maka perawatannya bisa dilakukan dengan cara rutin check cairan aki, air aki harus berada pada garis minimal, apabila sudah berada di bawah garis minimal maka air harus segera ditambah.

Halaman
12
Penulis: Anesh Viduka
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved