Waspada Tinggalkan Rumah, Ketua DPRD Sanggau: Saat Mudik, Pastikan Rumah Terkunci

Ketua DPRD Sanggau, Jumadi SSos menyampaikan, untuk menghindari tindak kejahatan seperti pencurian atau pembobolan rumah

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hendri Chornelius

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Ketua DPRD Sanggau, Jumadi SSos menyampaikan, untuk menghindari tindak kejahatan seperti pencurian atau pembobolan rumah.

Ia mengingatkan kepada warga yang hendak mudik agar memastikan rumah dalam keadaan terkunci rapat dan bila perlu agar memberitahukan kepada tetangga bahwa akan meninggalkan rumah.

“Jadi saat rumah dalam keadaan kosong, tetangga yang tidak mudik bisa sekalian memantau kondisi rumah untuk memastikan bahwa rumah dalam keadaan aman, ” kata Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sanggau itu, Rabu (13/6/2018).

Baca: Partai Hanura Kalbar Terus Lakukan Upaya untuk Target Menang Pemilu di Kalbar

Selain itu, Jumadi juga mengingatkan agar memperhatikan kabel-kabel listrik didalam rumah, hal itu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Khwatirnya terjadi konsleting listrik, jadi harus perlu antisipasi terlebih dahulu, sehingga warga kita yang mudik pun tetap merasa nyaman, ” ujarnya.

Sebelumnya, Kapolres Sanggau, AKBP Rachmat Kurniawan memberikan tips mudik aman yang dapat dilakukan pemudik sebelum meninggalkan rumhanya.

“Sebelum mudiki periksa dan pastikan rumah dalam keadaan aman, cabut aliran gas pada kompor, cabut aliran listrik di rumah, padamkan lampu, tutup saluran air dan pastikan semua jendela terkunci, ” katanya, Selasa (12/6).

Selain itu, lanjut Kapolres, kunci pintu rumah dan lapor kepada Kertua RT atau RW. Dan mari kita tertibkan jaga keamanan mulai dari diri sendiri. “Dan titip rumah dengan tetangga terdekat untuk membantu menjaga, ” pungkasnya.

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help