PT Pindad Sukses Produksi Tank Medium Tercanggih di Dunia, Sejumlah Negara Rebutan Membelinya

memasuki tahun 2017 industri pertahanan PT Pindad ternyata sudah berhasil membuat prototipe tank kelas menengah

PT Pindad Sukses Produksi Tank Medium Tercanggih di Dunia, Sejumlah Negara Rebutan Membelinya
Tank Kaplan MT 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Hingga 2016 sejumlah industri pertahanan yang ada di Indonesia belum bisa memproduksi tank lapis baja beroda rantai.

Maka, untuk memenuhi persenjataan tank bagi TNI, pemerintah RI masih mengimpor.

Tapi memasuki tahun 2017 industri pertahanan PT Pindad ternyata sudah berhasil membuat prototipe tank kelas menengah setelah bekerja sama dengan industri pertahanan Turki (FNSS).

Tank medium yang dinamai Kaplan MT itu mempunyai berat 30-40 ton dengan ukuran panjang bodi 7 meter dan lebar 3,2 meter dan bisa melaju pada kecepatan 70 km per jam sehingga cocok untuk melakukan serangan kilat (blitzkrieg) terhadap posisi musuh.

Selain dilengkapi dengan sejumlah senjata seperti senapan mesin dan pelontar granat, tank Kaplan MT juga memiliki senjata utama berupa meriam kaliber 105 mm dengan jarak tembak hingga puluhan km.

Dalam pertempuran tank bertugas utama mendobrak pertahanan statis musuh sekaligus mendukung gerak maju pasukan infanteri kawan menggunakan gempuran meriam 105 mm dari jarak jauh.

Sebagai kendaraan tempur lapis baja  yang berada di barisan terdepan, tank Kaplan MT dalam taktik serbuan kilat bisa berjalan ngebut seraya melepaskan tembakan meriam dan senjata lainnya.

Agar tembakan selalu akurat, tank Kaplan MT juga sudah dilengkapi dengan alat pengarah tembakan yang bekerja secara digital yakni Remote Control Weapon System (RCWS).

Dengan alat RCWS ini operator senjata dalam tank tidak perlu melongok keluar untuk mencari sasaran tapi cukup melihat layar RCWS yang secara otomatis akan mencari sasaran dan menguncinya.

Raungan dalam tank Kaplan MT
 
Raungan dalam tank Kaplan MT

Jika sudah terkunci, sasaran bisa dihajar menggunakan peluru kaliber 105 mm atau menggunakan senapan mesin.

Halaman
12
Editor: Arief
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help