Jaga Mood Anak Saat Sedang Bertamu

Rika pun memastikan agar orangtua memperhatikan kondisi dan kebutuhan si anak terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk pergi bersilaturahmi.

Jaga Mood Anak Saat Sedang Bertamu
IST
Psikolog, Rika Indarti SPsi MPsi. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Nur Imam Satria

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Silaturahmi kerumah keluarga, kerabat, teman, dan orang orang yang kita kenal adalah satu diantara momen yang paling sakral pada saat hari raya Idul Fitri nanti.

Momen ini tentunya tidak mau kita lewatkan oleh tingkah atau sikap anak kita yang tiba-tiba rewel dan terkadang susah untuk diatur.

Baca: Ingin Silaturahmi Lebaran Lancar, Ini Tips Agar Si Kecil Tak Rewel

Baca: Waspada Penyakit Pasca Lebaran, Dokter Sarankan Tidak Berlebih-lebihan

Menurut Psikolog Pontianak, Rika Indarti menguraikan tentang hal apa saja yang dilakukan oleh orangtua jika menemukan masalah dan kendala seperti itu.

Rika pun memastikan agar orangtua memperhatikan kondisi dan kebutuhan si anak terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk pergi bersilaturahmi.

Baca: Angkat Bicara Terkait Pernikahan Ibunya, Ini Penjelasan Putra Umi Pipik, Abidzar Al-Ghifari

"Pastikan tidak pergi bertepatan pada jam istirahat atau tidur siang anak, karena apabila kita paksakan pada jam tersebut dapat dipastikan mereka menjadi rewel dan mengganggu waktu silaturahmi kita," kata Rika kepada Tribunpontianak.co.id,  Selasa (12/06/2018).

Rika berpesan tanamkan ke anak-anak tujuan dari bersilaturahmi bukan mengharapkan angpao, dan orangtua dapat memberikan hadiah berupa pujian, ajak ke tempat bermain, atau sesuatu yang anak sukai jika si anak dapat menunjukan sikap sopan ketika bertamu.

Intinya adalah tetap memperhatikan kebutuhan anak untuk istirahat, makan, dan bermain.

Jadi tidak semata-mata hanya memperhatikan segala kebutuhan orangtuanya sendiri.

Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help