Ramadan 1439 H

Salat Id di Lapangan Pesawat Pangsuma Putussibau , Ini Penjelasan Kankemenag Kapuas Hulu

Sedangkan dilapangan pesawat Pangsuma Putussibau juga digunakan untuk salat ID, apabila cuaca tidak hujan

Salat Id di Lapangan Pesawat Pangsuma Putussibau , Ini Penjelasan Kankemenag Kapuas Hulu
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / SAHIRUL HAKIM
Kankemenag Kabupaten Kapuas Hulu H.M. Khusairi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu H.M. Khusairi menyatakan, mayoritas masyarakat beragama Islam di Kapuas Hulu akan melaksanakan ibadah salat Idul Fitri di Masjid-Masjid, baik yang ada di tingkat desa, kecamatan hingga Kabupaten.

"Kalau untuk di Putussibau ada beberapa masjid yang ramai digunakan jamaah untuk melaksanakan salat ID, seperti Masjid Agung, Nurul Iman, dan Darussalam. Sedangkan dilapangan pesawat Pangsuma Putussibau juga digunakan untuk salat ID, apabila cuaca tidak hujan," ujarnya kepada wartawan, Selasa (12/6/2018).

(Baca: Hadiri Buka Puasa Bersama di Balai Nanga, Ini Yang Disampaikan Pasangan YAS )

Dengan ini Kankemenag menuturkan, supaya pelaksanaan ibadah salat ID berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman diharapkan suruh KUA, Kapolsek, dan pengurus masjid untuk saling berkoordinasi dengan baik.

"Alhamdulillah, selama ini proses pelaksanaan salat ID di Kapuas Hulu berjalan dengan lancar dan aman. Tanpa ada gangguan apapun. Ini semua berkat kerjasama yang baik semua pihak," ucapnya.

(Baca: OMK Keuskupan Sintang Akan Gelar Temua Akbar di Putussibau )

Bagaimana dengan isi khotbah salat ID nantinya, Khusairi menjelaskan kalau pihaknya sudah menyampaikan seluruh KUA dan para ustaz di Kapuas Hulu, untuk tidak menyampaikan isi khotbah membawa masalah politik. "Kita minta supaya izin khotbah lebih ke meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT," ungkapnya.

Terkait pengamanan saat pelaksanaan salat ID, Wakapolres Kapuas Hulu Kompol Raden Pratidiningrat menyatakan, kalau pihaknya bekerjasama dengan TNI dan seluruh pihak, yang terlibat akan melakukan pengamanan dirumah-rumah ibadah, dalam upaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat muslim yang melaksanakan ibadah salat ID.

"Nantinya kita juga akan melibatkan pemuda gereja dalam pengamanan, ini dilakukan untuk menumbuhkan toleransi antar umat beragama. Pokoknya kami akan memberikan keamanan yang terbaik bagi masyarakat yang melaksanakan salat ID nantinya," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help