Pakar Ungkap Arti Bahasa Tubuh Trump dan Kim saat Pertama Bertemu, Siapa Penguasa?

Kemudian, dia meraba bahu Kim, yang dibalas dengan remasan tangan sekaligus tatapan lurus Kim ke Trump sebelum mereka berpose di depan media.

Pakar Ungkap Arti Bahasa Tubuh Trump dan Kim saat Pertama Bertemu, Siapa Penguasa?
AFP PHOTO/SAUL LOEB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) bersalaman dengan Presiden AS Donald Trump pada pertemuan bersejarah antara AS-Korea Utara, di Hotel Capella di Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6/2018). Pertemuan ini merupakan yang pertama kalinya bagi pemimpin kedua negara dan menjadi momentum negosiasi untuk mengakhiri kebuntuan permasalahan nuklir yang telah terjadi puluhan tahun. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGAPURA - Senyum dan keramahan ditunjukkan Presiden Amerika Serikat (AS) dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un ketika bertemu.

Namun, pakar bahasa tubuh mengungkapkan keduanya sempat gugup ketika pertama kali bertemu di Hotel Capella, Singapura, Selasa (12/6/2018).

Baca: Baik dan Buruk Makna Tanda Tangan Donald Trump! Tak Suka Hidup Sendirian

Allan Pease, pakar bahasa tubuh asal Australia menjelaskan, selama 13 detik, Trump menunjukkan dominasi dengan mengulurkan tangannya dahulu.

Kemudian, dia meraba bahu Kim, yang dibalas dengan remasan tangan sekaligus tatapan lurus Kim ke Trump sebelum mereka berpose di depan media.

Pease berkata, yang ditunjukkan keduanya bukanlah jabat tangan langsung.

Masih ada semacam rasa gelisah dan gugup di antara mereka.

"Keduanya berusaha tidak membiarkan didominasi oleh lawan bicara," kata Pease dalam wawancara dengan Reuters via Straits Times.

Adapun pakar lain, Judi James menjelaskan Trump melakukan pendekatan "sentuh dan rasakan" ketika memegang bahu Kim.

"Melalui pendekatan tersebut, Trump mencoba merasakan apakah dia bakal menyukai lawan bicaranya atau tidak," tuturnya dilansir Daily Mirror.

Baca: 4 Poin Kesepakatan Donald Trump dan Kim Jong Un! Sasar Jenazah Tentara yang Hilang

Ketika kedua pemimpin berjalan ke perpustakaan untuk memulai dialog, Trump berusaha mencairkan suasana dengan melakukan obrolan ringan, dan membiarkan Kim berjalan di depannya.

Halaman
1234
Editor: Marlen Sitinjak
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help