Imbau Pemudik Lebih Berhati-hati, Kapolsek: Periksa Rumah Sebelum Bepergian

Sehingga rumah yang ditinggalkan kosong tetap ada yang melihat-lihatkan kondisinya agar tetap aman

Imbau Pemudik Lebih Berhati-hati, Kapolsek: Periksa Rumah Sebelum Bepergian
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / SUBANDI
Kapolsek Delta Pawan, AKP Riwayansyah saat diwawancarai awak media di ruang kerjanya, Selasa (12/6). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Terkait perayaan Lebaran Idul Fitri 2018 yang tentunya banyak masyarakat mudik atau bepergian jauh. Kapolres Ketapang, AKBP Sunario melalui Kapolsek Delta Pawan, AKP Riwayansyah mengimbau yang mudik itu lebih berhati-hati.

“Kita imbau masyarakat yang mudik Lebaran Idul Fitri sekarang ini agar lebih berhati-hati,” kata Kapolsek Delta Pawan kepada awak media di Ketapang, Selasa (12/6).

Ia menjelaskan sebelum mudik meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Maka masyarakat tentu harus mengantisipasi agar rumahnya jangan jadi korban kejahatan. Misalnya menjadi korban pencurian dan lain sebagainya.

(Baca: Asa Perdamaian KTT Trump-Kim )

“Jadi sebelum bepergian periksa dahulu rumah dan pastikan pintu, jendela dan lainnya dalam keadaan terkunci kuat. Kemudian peralatan seperti kompor, listrik dan lainnya yang bisa menimbulkan bahaya harus dikemas benar-benar,” sarannya.

Menurutnya demi menambah rasa keamanan pada rumah yang ditinggal konsong. Maka sebaiknya terlebih dahulu dititipkan kepada tetangga terdekat. Serta aparat seperti ketua RT setempat agar dilihat atau minta sambil dijagakan juga.

(Baca: Kapolsek Mandor Himbauan Masyarakat Patuhi Aturan Lalu Lintas )

“Sehingga rumah yang ditinggalkan kosong tetap ada yang melihat-lihatkan kondisinya agar tetap aman. Semoga tak ada pembobolan rumah kosong di Ketapang ini,” harapnya.

Ia menambahkan jika ada hal mencurigakan atau terjadi hal-hal tak diinginkan. Masyarakat diimbaunya agar langsung menghubungi atau melaporkan kepada pihak Kepolisian. Sehingga polisi bisa cepat juga mengambil tindakan.

Menurutnya masyarakat bisa menghubungi pihak Kepolisian pada nomor 110. “Jika terjadi di wilayah Kecamatan Delta Pawan bisa langsung datang ke Mapolsek Delta Pawan. Laporan akan langsung kita tindak lanjuti,” tegasnya.

Tokoh Masyarakat Ketapang, Yudo Sudarto menambahkan bagi yang bepergian lebih berhati-hati juga ketika berkendaraan sendiri. Sebab aktifitas arus mudik yang meningkat menjelang Lebaran tentu sangat rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Misalnya ketika sedang dalam kondisi mengantuk sebaiknya beristirahat dahulu. Sehingga bisa terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan seperti kecelakaan lalulintas. Mari semua utamakan keamanan dan keselamatan diri masing-masing dan orang lain,” tuturnya. 

Penulis: Subandi
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved