Delapan Tips Mencegah Penyakit Pasca Lebaran

Kedua, perhatikan jumlah kalori makanan yang disantap. " Sekecil apa pun camilan manis yang kita makan, pasti mengandung kalori," ujarnya.

Delapan Tips Mencegah Penyakit Pasca Lebaran
net
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Zulkifli

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kasi Kesehatan Gizi Diskes Kubu Raya, Mustafa Bakri memberikan beberapa tips
guna terhindar dari sejumlah penyakit yang kerap mengintai usai lebaran atau kekambuhan penyakit kronis,seperti diare, obesitas, kencing manis, kolesterol dan asam urat.

Baca: Waspada Penyakit Pasca Lebaran, Dokter Sarankan Tidak Berlebih-lebihan

Baca: Selama Lebaran, Pemkab Kayong Utara Tarik Retribusi di Tempat-tempat Rekreasi

"Setelah sebulan penuh menjaga kesehatan dengan berpuasa, tentu kita tak ingin sakit selepas lebaran. Selain memerhatikan asupan makanan dan minuman yang terlalu manis atau asin, serta mengurangi makanan digoreng yang akan mengiritasi saluran pernapasan kita," jelasnya kepada Tribun Selasa (12/6/2018)

Tips pertama, senantiasa perhatikan kualitas makanan dan minuman yang disantap.

Kedua, perhatikan jumlah kalori makanan yang disantap. " Sekecil apa pun camilan manis yang kita makan, pasti mengandung kalori," ujarnya.

Ketiga, usahakan hanya mengonsumsi satu macam lauk saja. Jika merasa telah mengonsumsi kue lebaran cukup banyak. Kurangi juga nasi saat makan besar.

Tips keempat, hindari camilan yang mengandung cokelat, keju, dan berlemak. kalori yang ada di lemak jumlahnya dua kali lebih besar dari karbohidrat.

Kelima, banyak minum air putih lebih dari dua liter per hari.

Enam, perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran. Usahakan lima porsi saat makan pagi, siang, malam, dan di sela-sela waktu makan tersebut.

Tujuh, tetap melakukan aktivitas fisik dan bergerak. Jika jarak untuk silaturahmi dapat dilakukan dengan berjalan, usahakan jalan kaki.

Delapan, usahakan tidur malam minimal enam jam.

"Semoga bermanfaat," pungkasnya. 

Penulis: Zulkifli
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help