Cegah Banjir, BPBD Minta Masyarakat Lakukan Hal Ini Terhadap Lingkungannya

Mokhtar mengimbau masyarakat Kubu Raya agar pro aktif menjaga kebersihan saluran air di tempat tinggal masing-masing.

Cegah Banjir, BPBD Minta Masyarakat Lakukan Hal Ini Terhadap Lingkungannya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / MADROSID
Kepala BPBD Kubu Raya, Mochtar 

Laporan Wartawan Tribunpontianak : Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kubu Raya, Mokhtar mengimbau masyarakat Kubu Raya agar pro aktif menjaga kebersihan saluran air di tempat tinggal masing-masing.

Hal ini menurutnya guna mencegah genangan air di saat hujan lebat turun, terlebih untuk daerah yang memang di kategorikan rawan banjir.

"Supaya air tak mudah tergenang di wilayah pemukiman, maka saluran air tak boleh tersumbat. Karena itu warga harus berpartisipasi aktif agar menjaga saluran air di masing-masing tempat tinggalnnya," ujarnya belum lama ini.

Baca: Facebook Buka Lowongan Untuk Menangkal Hoax, Minat Daftar?

Menurutnya satu diantara penyebab banjir saat hujan lebat turun, karena adanya saluran air yang tersumbat akibat di tumbuhi rerumputan di dalam nya.

"Ini yang rata-rata kita temukan. Bayak rumput yang menyumbat saluran air. Harusnya, warga bergotong royong membersihkannya secara rutin," katanya.

Diakui olehnya beberapa kawasan yang rentan terjadi banjir di Kubu Raya dinataranya di Desa Mega Timur, Teluk Bakung, Pancaroba, Pasak Piang, sebagian wilayah di Desa Kubu Padi, serta sebagian wilayah Kuala Mandor A, Retok, dan Sungai Enau.

"Salah satu upaya yang bisa di lakukan untuk mencegah banjir yakni, warga harus rutin memelihara saluran air yang ada, sehingga ketika hujan lebat mengguyur air cepat turun," tuturnya

Penulis: Try Juliansyah
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help