H-4 Lebaran Jalur Transportasi Air di Kecamatan Serawai Mulai Alami Lonjakan

Memasuki H-4 menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, arus mudik melalui jalur Sungai Melawi di Kecamatan Serawai alami lonjakan

H-4 Lebaran Jalur Transportasi Air di Kecamatan Serawai Mulai Alami Lonjakan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Suasana dermaga transportasi Speed Boat tampak ramai penumpang yang akan berangkat dan kembali ke Kecamatan Serawai, Kabupaten Sintang, Senin (11/6/2018) pagi. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Memasuki H-4 menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, arus mudik melalui jalur Sungai Melawi di Kecamatan Serawai juga mulai mengalami lonjakan penumpang, Senin (11/6/2018) pagi.

Diperkirakan puncak arus mudik lewat sungai terjadi H – 1 lebaran. Hal itu dikarenakan transportasi tasi satu satunya yang menjadi andalan masyarakat kecamatan Serawai ialah lewat jalur sungai Melawi.

"Biasanya lonjakan arus mudik lewat sungai menggunakan speed boat selalu terjadi mulai satu minggu sebelum lebaran. Sementara puncak arus mudik lebaran akan terjadi pada H – 1," ujar Kapolsek Serawai Ipda Sugiyono.

Baca: Polsek Delta Pawan Kerahkan Puluhan Personil Amankan Idul Fitri 2018

Sementara itu, kondisi arus mudik melalui jalur sungai ini sangat tergantung kepada kondisi cuaca, sebab seperti sekarang ini sudah mulai masuk musim kemarau.

"Kondisi tersebut mengakibatkan sungai Melawi di beberapa tempat sudah mulai kering dan berdampak terhadap transportasi Sungai menjadi terhambat," tambah Ipda Sugiyono.

Oleh karena itu dirinya menghimbau kepada para pemudik yang menggunakan jalur sungai Melawi menuju ke Kecamatan Serawai agar membawa barang - barang yang akan di bawa seperlunya dan secukupnya saja

"Karena kendaraan ini terbatas bebannya. Kami imbau motoris tidak memaksakan jumlah penumpang dan barang bawaan. Kemudian orangtua jaga benar-benar anaknya. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved