BPBD Ketapang Siap Siaga Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla

Ia menjelaskan titik yang terbakar khusus di perhuluan rata-rata lahan kosong. Sedangkan di daerah pesisir yang terbakar merupakan lahan gambut.

BPBD Ketapang Siap Siaga Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla
NET
Logo BPBD 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Terkait Manggala Agni Daerah Operasi Ketapang menemukan 11 titik hotspot di beberapa kecamatan di Ketapang. Di antara 11 titik hitspot yang ditemukan selama sepekan tersebut memang ada bekas kebakaran hutan seluas 2,5 hektar.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) Ketapang, Sumiransyah bersukur pada kondisi itu. Sebab karena kebakaan hutan dan lahan (Karhutla) itu hanya bersifat kecil dan tak menyebar hingga besar.

Ia menjelaskan titik yang terbakar khusus di perhuluan rata-rata lahan kosong. Sedangkan di daerah pesisir yang terbakar merupakan lahan gambut. Menurutnya kebakaran kecil-kecil seperti yang terjadi baru-baru ini memang sulit dihindari.

Baca: BPBD Sekadau Imbau Warga Antisipasi Terjadinya Kebakaran

Namun ia bersukur juga kebakaran saat ini jauh berkurang jika dibanding beberapa tahun silam yang hingga menyebabkan bencana asap. Kemudian jika terjadi kabaran akan cepat ditanggulangi pihaknya atau pihak terkait lainnya.

“Sebab kita bersama tim gabungan sejak jauh hari hingga sekarang tetap gencar melakukan sosialiasi pencegahan. Serta aksi mengatasi secara secapt jika terjadi Karhutla di lapangan,” kata Sumiransyah di Ketapang, Senin (11/6).  

Ia menambahkan pihaknya juga selalu memonitoring atau memantauan titik rawan hotspot. Di antaranya melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) yang dibentuk pihaknya. Serta menggunakan peralatan lain yang memang untuk pencegahan bencana.

“Intinya kita sudah siap siaga untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Ketapang. Kita selalu memantau titik rawan Karhutla terutama pada lahan-lahan gambut yang mudah terbakar,” ujarnya.

“Saat ini kita terus mulai melakukan patrol rutin ke daerah-daerah rawan terjadi Karhutla. Kita berharap potensi terjadinya Karhutla di Ketapang bisa diatasi sedini mungkin. Bahkan kalau bisa jangan sampai ada terjadi bencana Karhutla di Ketapang,” harapya.

Penulis: Subandi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help