Tim Restorasi Gambut Kalsel Koordinasi Pembuatan Pergub Gambut ke Pemprov Kalbar

Ia mengatakan bahwa keberadaan Pergub yang akan dibuat nantinya bertujuan melindungi kawasan gambut di masing-masing kawasan.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Tim Restorasi Gambut Kalimantan Selatan berkoordinasi dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kalimantan Barat untuk penyusunan Peraturan Gubernur (Pergub) terkait Restorasi Gambut yang sudah disetujui oleh Menteri Lingkungan Hidup.

Ketua Tim Restorasi Gambut Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Saut Situmorang mengatakan kunjungan pihaknya ke Badan Lingkungan Hidup Kalbar guna mencari masukan dan saran dari berbagai pihak khususnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat terkait penyusunan Pergub Restorasi Gambut.

Baca: Badan Restorasi Gambut RI Akan Gelar Safari Ramadan ke Kalbar

“Kami harus terus berkoordinasi dengan berbagai pihak guna perumusan Pergub itu. Ini agar sesuai harapan bersama dalam upaya restorasi gambut,” ungkapnya, Jumat (10/6/2018).

Ia mengatakan bahwa keberadaan Pergub yang akan dibuat nantinya bertujuan melindungi kawasan gambut di masing-masing kawasan.

“Seluruh provinsi di Indonesia melakukan koordinasi bersama untuk penyusunan teknis Pergub itu,” terangnya.

Jika dilihat berdasarkan areal kawasan gambut, Kalimantan Selatan memiliki sebaran dan luasan kawasan gambut yang jauh lebih sedikit dibandingkan lahan gambut yang ada di Kalbar.

“Lahan gambut di Kalbar dan Kalsel punya karakteristik yang sama,” katanya.

Prioritas kawasan restorasi gambut yang ada di Kalsel hanya sekitar 38 ribu dari total 200 rbu hektare yang ada.

“Dalam pengelolaan kawasan gambut, kami akui beberapa kendala ditemui di Kalsel. Satu diantaranya, sulit menentukan titik-titik spot gambut masuk dalam wilayah Hak Guna Usaha (HGU),” tukasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help