Citizen Reporter

HMI Cabang Pontianak Gelar Aksi Solidaritas Palestina

Untuk menunjukan solidaritasnya, ratusan orang berkumpul di depan tugu digulist dengan membawa bendera Palestina dan HMI

HMI Cabang Pontianak Gelar Aksi Solidaritas Palestina
ISTIMEWA
Foto Bersama peserta aksi solidaritas peringatan hari Al Quds 

Laporan Citizen

 Kohati HMI Cabang Pontianak,  Intanea Gildha Hatari

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID.PONTIANAK - Jutaan umat muslim di negara-negara Islam dunia melakukan unjuk rasa dalam hari solidaritas untuk menyuarakan pembebasan Palestina yang dijajah Israel sejak 1948, Salah satunya di Pontianak Kalimantan Barat pada Jum'at (8/06), yang di prakarsai oleh HMI Cabang Pontianak.

Unjuk rasa itu dilakukan untuk memperingati Hari Al-Quds yang bertepatan di hari Jumat terakhir dalam bulan Ramadan, dimana orang-orang berkumpul di jalanan dan meneriakkan slogan kecaman terhadap Israel.

Peringatan aksi tersebut sebelumnya dicanangkan oleh pendiri Republik Islam Iran yakni Khomeini, dan diikuti oleh masyarakat muslim dari negara-negara lainnya untuk mendukung perjuangan palestina melawan Israel, Sabtu (9/6/2018).

(Baca: Marlon Suriaga Ngamuk Istrinya Dilecehkan Majikan di Jeddah )

Negara-negara yang memperingati Hari Al Quds diantaranya adalah indonesia khususnya kota pontianak yang di motori oleh organisasi pandu bekerjasama dengan HMI Cabang Pontianak.

Untuk menunjukan solidaritasnya, ratusan orang berkumpul di depan tugu digulist dengan membawa bendera Palestina dan HMI.

(Baca: Viral! Bupati Pidie Abusyik Nikahi Wanita Cantik di Langsa, Fotonya Beredar di Medsos )

Menurut Wakil sekretatis umum perguruan tinggi kemahasiswaan dan pemuda (PTKP) HMI cabang Pontianak Tio Rizki Kurniawan yang juga salah satu orator yang ikut pada aksi tersebut mengatakan, pembelaan bagi bangsa Palestina untuk merdeka bukan semata pembelaan bagi bangsa yang terusir dari negeri mereka sendiri.

Tetapi juga pembelaan dari sistem politik global yang arogan dan menindas. Tio juga mengatakan, disisi lain demonstrasi tersebut untuk mengecam Amerika Serikat karena negara tersebut dianggap mendukung Israel secara finansial, militer dan politik.

"Ini Bukan cuma aksi membela bangsa Palestina yang terusir dari tanahnya sendiri, tapi juga wujud dukungan bagi kemerdekaan Palestina," ujar Tio saat orasi.

Dalam kesempatan tersebut Tio juga menyerukan kepada organisasi dan masyarakat sipil untuk mengenyampingkan segala perbedaan dan bersatu dalam membela dan mendukung perjuangan serta perlawanan Palestina.

Selain itu juga meminta kepada pemerintah Indonesa untuk aktif berperan mempersatukan faksi politik di internal Palestina. (One)

Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help