Hadapi Lebaran Transaksi Tebus Gadai Meningkat

Layanan Pegadaian akan tutup dari tanggal 11 Juni-20 Juni 2018. Layanan akan kembali beroperasi pada Kamis,21 Juni mendatang.

Hadapi Lebaran Transaksi Tebus Gadai Meningkat
TRIBUN PONTIANAK/NINA SORAYA
Petugas Pegadaian melayani transaksi nasabag di Pegadaian Cabang Pasar Mawar, Jumat (8/6/2018). Jelang Lebaran, tren tebus gadai meningkat. 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Nina Soraya

TRIBUN PONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Jelang Hari Raya Lebaran, tren tebus gadai mengalami peningkatan. Hal ini diungkapkan oleh Deputy Bisnis Area Pontianak PT Pegadaian (Persero), Ade Harsono, Jumat (8/6/2018).

"Angka tebusan berkisar Rp 5 miliar. Ini merupakan hal biasa. Biasanya masyarakat melakukan penebusan khususnya perhiasan untuk menghadapi Lebaran," ungkapnya kepada tribunpontianak.co.id.

Baca: Terkait THR PNS, Ini Curhatan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

Secara kinerja, Pegadaian Area Pontianak ini sudah membukukkan kinerja yakni outstanding loan (OSL) sebesar Rp 720 miliar per 31 Mei 2018. Sementara target yang ditetap yakni sebesar Rp 850 miliar.

"Dengan adanya tebusan Rp 5 miliar otomatis memang ada penurunan. Tapi, nanti setelah hari raya yakni 1-2 minggu ke depan tren gadai akan naik lagi," jelasnya.

Di kesempatan tersebut, Ade menyampaikan bahwa layanan Pegadaian akan tutup dari tanggal 11 Juni-20 Juni 2018. Layanan akan kembali beroperasi pada Kamis,21 Juni mendatang.

Baca: Tribun Pontianak Serahkan TFC Premium untuk Pjs Wali Kota Pontianak

"Kalau dibandingkan tahun lalu, tingkat penebusan naik sedikit saja, sekitar 0,2 persen. Tren tebus meningkat karena kita tahu ada pemberiaan THR, ada gaji ke13 bagi PNS, maka wajar saja orang- orang banyak yang mau tebus buat dipakai di hari raya," papar Ade.

Saat ini rata-rata transaksi di tiap cabang Pegadaian sebanyak 50-60 transaksi yang dilayani. Namun itu bukan hanya untuk transaksi tebus saja, tapi juga melayani transaksi gadai, menabung emas, dan lainnya.

Baca: Pelepasan Peserta Mudik Bersama Indomaret di Taman Alun Kapuas

"Tren ini akan kembali terjadi pada Desember yaitu pada saat mau Natal. Makanya kita sudah membaca tren ini. Jika di moment seperti ini kalau kita tawarkan produk investasi tentu masyarakat kurang tertarik karena lebih kepikiran alokasi dana untuk Lebaran," ujar Ade.

Dengan pencapaian kinerja sudah mencapai Rp 720 miliar per 31 Mei 2018, Ade meyakini target yang ditetapkan pusat tentu akan terlampaui.

"Secara nasional, area Pontianak (Kalbar) berada di urutan 20-an dari 59 area yang ada se Indonesia. Sementara di Kalimantan kinerja kita terbaik," katanya.

Penulis: Nina Soraya
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved