Ramadan 1439 H

Potensi Zakat di Kalimantan Barat Bisa Tembus Triliunan Rupiah

Data yang dirilis oleh Al Mumtaz, setiap tahunnya lembaga tersebut bisa mengumpulkan zakat fitrah dan zakat mal hingga mencapai 1,2 Triliun.

Potensi Zakat di Kalimantan Barat Bisa Tembus Triliunan Rupiah
TRIBUNFILE/IST
zakat 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID.PONTIANAK - Pengamat Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Rasiam MA Mengatakan, potensi zakat yang ada di Kalimantan Barat bisa mencapai Triliunan rupiah, Senin (4/06/2018).

Pengamat Ekonomi Islam IAIN Pontianak, Rasiam MA
Pengamat Ekonomi Islam IAIN Pontianak, Rasiam MA (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA)

Menurutnya, hal itu bisa dilihat dari data yang dirilis oleh Al Mumtaz, setiap tahunnya lembaga tersebut bisa mengumpulkan zakat fitrah dan zakat mal hingga mencapai 1,2 Triliun.

"Memang sangat potensial, dan nanti akan di kaji dari kesadaran zakat juga kesadaran mengumpulkan zakat. Dari data yang saya dapatkan zakat kita bisa mencapai ratusan miliar hingga satu triliun, bahkan Al Mumtaz itu 1,2 triliun per tahun, nah itu di Kalimantan Barat dalam satu tahun," ujarnya.

Baca: Baznas Paparkan Potensi Zakat Harta di Kota Pontianak Capai Rp 200 Miliar

Meskipun demikian, tingkat kepatuhan masyarakat untuk menyalurkan zakat melalui BAZNAS masih sangat minim.

Bahkan Rasiam masih menemukan kurang lebih 40 persen masyarakat yang membayar Zakatnya lansung kepada penerima seperti guru ngaji dan lain-lain.

"Hanya saja tingkat kepatuhan masyarakat kita belum terorganisir untuk menyalurkan zakat melalui BAZNAS, di BAZNAS Kalbar misalnya masih sangat minim. Saat ini kurang lebih 40 persen diserahkan langsung (Masyarakat) seperti ke guru ngaji atau yang lainnya, Tapi itu bagian dari kendala ya, Intinya hari ini Zakat memang sangat potensial bahkan bisa sampai 1,2 Triliun dari data Al Mumtaz," Paparnya. 

Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved