Opini

Efektivitas Ekstrak Daun Salam Obat Penurun Kadar Asam Urat

Kadar asam urat darah yang berlebihan menyebabkan timbulnya suatu penyakit yang disebut artritis gout.

Zulika Wardianti
Mahasiswi Kimia FMIPA Untan

Zulika Wardianti
Zulika Wardianti (ISTIMEWA)

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Asam urat merupakan asam yang berbentuk kristal yang merupakan hasil akhir metabolisme dari salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel-sel dan bersifat alami terdapat dalam tubuh (Saraswati,2009).

Penyakit reumatik atau asam urat (gout) di Indonesia menduduki peringkat kedua terbanyak setelah osteoarthritis. Salah satu obat asam urat adalah allopurinol, namun allopurinol dapat menimbulkan efek samping seperti mual, muntah, dan diare dapat juga terjadi neuritis perifer, depresi unsur sumsum tulang belakang dan kadang-kadang anemia aplastika (Kusuma, et al, 2014).

Hiperurisemia adalah gangguan eliminasi asam urat melalui ginjal yang disebabkan menurunnya sekresi asam urat kedalam tubulus ginjal, sehingga akan terjadi peningkatan kadar asam urat dalam darahh.

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit gout diantaranya adalah usia, jenis kelamin, riwayat medikasi, obesitas, konsumsi purin dan alkohol. Pria memiliki tingkat serum asam urat lebih tinggi daripada wanita, yang meningkatkan resiko mereka terserang artritis gout.

Kadar asam urat darah yang berlebihan menyebabkan timbulnya suatu penyakit yang disebut artritis gout.

Penyakit ini berdampak tidak mematikan, akan tetapi menyebabkan nyeri luar biasa. Jumlah penderita asam urat semakin bertambah banyak dari tahun 2004 dan menyerang pada rentang usia 40-59 tahun (Achmad,2008)

Penyakit asam urat pada wanita menopause menjadi suatu hal yang mengganggu karena setiap wanita menopause ingin dirinya tetap dalam keadaan sehat tanpa adanya penyakit seperti asam urat.

(Baca: Ditetapkan Tersangka, Pria Asal Wamena Menangis di Tahanan )

Wanita mengalami peningkatan resiko artritis gout setelah menopause, kemudian resiko mulai meningkat pada usia 45 tahun dengan penurunan level estrogen karena estrogen memiliki efek urikosurik, hal ini menyebabkan artritis gout jarang pada wanita muda. Pertambahan usia merupakan faktor resiko penting pada pria dan wanita.

Hal ini kemungkinan disebabkan banyak faktor, seperti peningkatan kadar asam urat serum (penyebab yang paling sering adalah karena adanya penurunan fungsi ginjal), peningkatan pemakaian obat diuretik, dan obat lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat serum untuk itu mereka melakukan berbagai upaya untuk mengatasi penyakit tersebut, salah satunya dengan cara mengkonsumsi ramuan herbal.

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved