Santai di Tugu Dirgantara Sambil Lihat Pesawat Tempur

"Melihat pesawat tempur dari dekat mungkin tidak bisa kita lihat sehari-hari kan," ujar Lala satu di antara pengunjung

Santai di Tugu Dirgantara Sambil Lihat Pesawat Tempur
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ZULKIFLI
Sejumlah pengunjung di antaranya anak-anak terlihat bermain di tugu Dirgantara berupa pesawat tempur A-E4 Skyhawk. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Zulkifli

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Tugu pesawat Pesawat A-E4 Skyhawk atau juga dikenal tugu dirgantara yang terletak di perempatan bandara Supadio Pontianak, menjadi satu lokasi favorit warga Kubu Raya dan sekitarnya untuk berekreasi.

Tugu pesawat tempur ini biasanya ramai dikunjungi pada sore hari apalagi bertepatan moment Ramadan, para anak muda biasanya memanfaatkanya untuk menjadi lokasi ngabuburit. Biasanya mereka berfoto ria, atau foto bersama keluarga.

"Melihat pesawat tempur dari dekat mungkin tidak bisa kita lihat sehari-hari kan," ujar Lala satu di antara pengunjung

Dikutip dari sumber yang tertera di Tugu Dirgantara tersebut tertulis, bahwa pesawat A-E4 Skyhawk mengawali karir tempurnya di lingkungan TNI Angkatan Udara pada pertengahan 1980.

Baca: Hersa dan Elsa Terpilih sebagai Putra-Putri Dirgantara Lanud Supadio

Mulai pada saat itu pesawat ini ditempatkan di Skadron Udara 11 sebagai pendatang baru menggantikan pesawat tempur pendahulunya seperti Pesawat Jet De Haviland – 115 (DH-115) Vampire, MIG-15 UTI, MIG-17 Fresco, MIG-19 Farmer, Pembom IL-28 dan T-33 A Thunder Bird.

Pada awal operasionalnya, Skadron Udara 11 memiliki kekuatan 33 pesawat A-E4 Skyhawk. Dalam perjalanan karirnya di TNI AU, kekuatan pesawat ini dibagi menjadi 2 Skadron Udara yaitu Skadron Udara 11 dan Skadron Udara 12 Pekanbaru.

Namun, pada tahun 1995 kembali lagi menjadi satu di Skadron Udara 11. Pada tahun 1999 Skadron Udara 11 menerima kekuatan tambahan 2 unit pesawat yang sama dari US Navy (Angkatan Laut Amerika Serikat).

Pesawat A-4E Skyhawk menyudahi masa dinas tempurnya di TNI AU pada tahun 2007.

Telah banyak kenangan dan prestasi yang diraih oleh pesawat dalam masa pengabdiannya di TNI AU. Tentunya ini menjadi catatan sejarah yang sangat membanggakan bagi TNI AU dan khususnya bagi Skadron Udara 11.

Kini, seiring dengan perkembangan zaman, peran dari pesawat A-4E Skyhawk telah digantikan oleh Pesawat Jet Sukhoi SU-27 MK2 buatan KNAPO (Komsomolsk-na Amure Aircraft Production Association) Rusia.

Penulis: Zulkifli
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help