Pekan Gawai Dayak

Dari Menganyam Manik, Wanita Ini Mampu Biayai Pendidikan Ketiga Anaknya Hingga Sarjana

Hal itu disampaikannya saat mengikuti lomba menganyam manik di Rumah Radakng Pontianak pada Selasa (22/05/2018).

Dari Menganyam Manik, Wanita Ini Mampu Biayai Pendidikan Ketiga Anaknya Hingga Sarjana
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/BELLA
Maesiana Siam, satu dari lima peserta lomba menganyam manik di Pekan Gawai Dayak ke-33. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Bella

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Satu dari lima peserta lomba menganyam manik di Pekan Gawai Dayak ke-33, Maesiana Siam (57), mengaku telah berhasil menghantarkan tiga anaknya ke jenjang perguruan tinggi berkat ketekunannya membuat dan menjual kerajinan dari bahan manik.

"Kalau hanya harap gaji suami sebagai pegawai Negeri mana cukup biayai anak sekolah. Berkat kerajinan manik inilah saya bisa bantu suami menyekolahkan anak-anak saya. Setiap mau daftar ulang jual manik, anak mau daftar kuliah jual manik, " terang ibu dari lima orang anak itu.

Hal itu disampaikannya saat mengikuti lomba menganyam manik di Rumah Radakng Pontianak pada Selasa (22/05/2018).

Baca: Hadiri Gawai Dayak, Ini Pesan Penting Danramil 06 Putussibau

Sejak tahun 80an Siam telah aktif membuat dan menjual kerajinan manik dalam bentuk topi, syal, rompi, rok, baju dan semacamnya yang dalam sebulan bisa memberinya penghasilan hingga Rp 2 juta.

Siam sengaja, kali ini mengikuti lagi lomba menganyam manik hanya untuk memberi semangat kepada anak-anak muda agar semangat belajar menekuni anyaman manik.

"Saya ikut lomba ini biar anak-anak, cucu-cucu saya ini semangat dan mau ikut, supaya mereka juga ikut melestarikan budaya menganyam manik, " terangnya.

Sementara peserta lain Medlyn Claudya Sukapatari (19) juga mengaku, berkat menggeluti kerajinan menganyam manik ia dapat membantu perekonomian keluarga.

"Kalau harap orangtua yang hanya petani mana bisa, apalagi sekarang karet harganya turun. Sejak saya bisa menganyam dan menjual manik ini saya bisa bantu keluarga, " terangnya.

Jika beruntung, Medlyn mengaku bisa meraup keuntungan hingga Rp 10 juta.

"Kalau ditekuni manik ini sebulan minimal Rp 1 juta dan kalau beruntung bisa  sampai Ro 10 juta,  " kata mahasiawa PGSD Universitas Tanjungpura itu.

Penulis: Bella
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved