Ramadan 1439 H

Keutamaan Salat Tarawih Ibarat Rezeki, Bisa Dapat Bisa Tidak, Ini Penjelasanya

Ustaz Dr H Hefni Harjani, Lc, MA menjelaskan dalam berbagai hadist disebutkan berbagai keutamaan melaksanakan salat tarawih dibulan Ramadan

Keutamaan Salat Tarawih Ibarat Rezeki, Bisa Dapat Bisa Tidak, Ini Penjelasanya
TRIBUN PONTINAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Umat muslim melaksanakan salat tarawih perdana di Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (16/5/2018) malam. Kamis ini merupakan hari pertama umat muslim melaksanakan puasa di bulan Ramadan 1439 Hijriah. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Zulkifli
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ustaz Dr H Hefni Harjani, Lc, MA menjelaskan dalam berbagai hadist disebutkan berbagai keutamaan melaksanakan salat tarawih dibulan Ramadan.

Diantaranya dalam sebuah hadist, disebutkan, "Barang siapa yang melaksanakan qiyam (Lail) dibulan Ramadan karena keimanan dan mengharap ridha Allah SWT, maka akan diampuni dosa-dosanya," (HR Abu Hurairah)

"Ini satu di antara keutamaan salat tarawih," jelasnya kepada Tribun.

Namun ia menjelaskan, semua keutamaan salat tahajud, itu sama dengan keutamaan salat tarawih. Karena memang salat tahajudnya dibulan Ramadan diawalkan yakni setelah salat Isya.

Baca: Wujudkan NKRI Bersama Rakyat, Polsek-Koramil Gelar Komunikasi Sosial

"Jadi posisi tahajud di bulan Ramadan itu tarawih sudah menggantikanya. Jadi keutamaan seluruhnya adalah, di antara tahajud di antara keutamaanya yakni untuk meningkatkan derajat dan posisi manusia dihadapan Allah SWT," jelasnya

Dalam satu ayat Al-Alquran disebutkan,
"Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Allah SWT akan mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa : 79)

Ustaz menjelaskan bahkan, para ulama menyebut kemampuan seseorang untuk melaksanakan salat tarawih di bulan Ramadan, diumpamakan suatu rezeki yang dianugerahkan Allah SWT kepada hambanya.

"Jadi ada yang dapat ada yang tidak. Sama dengan rezeki," ujarnya.

Jadi begitu besar keutamaan salat tarawih ini, dan tentunya akan rugi bilamana ditinggalkan.

Penulis: Zulkifli
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help