Kapolda Kalbar Resmikan Rumah Bhabinkamtibmas Jelimpo

Secara simbolis dilaksanakan peresmian dan penanda tanganan Prasasti oleh Kapolda Kalbar terhadap Rumah Bhabinkamtibmas.

Kapolda Kalbar Resmikan Rumah Bhabinkamtibmas Jelimpo
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ALFON PARDOSI
Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono saat meresmikan secara simbolis rumah Bhabinkamtibmas Kecamatan Jelimpo di Mapolres Landak pada Rabu (16/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Alfon Pardosi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Warga Kecamatan Jelimpo yang merindukan hadirnya tempat dimana warga bisa bertemu, berembuk dalam membahas maupun menyelesaikan suatu hal terkait Kamtibmas kini terwujud.

Rumah Bhabinkamtibmas yang didirikan pada tahun 2017 lalu, berdiri dan digagas oleh Kapolsek Ngabang Kompol Sri Harianto yang menjabat saat itu.

Gagasan tercetus saat Kapolsek memaparkan dan membahas situasi kamtibmas di Kecamatan Jelimpo, dalam rangka kegiatan tatap muka di Kantor Camat Jelimpo.

Baca: Kapolda Kalbar Sebut Miniatur Indonesia Dimulai Dari Landak

Kemudian gagasan mendirikan rumah kumpul oleh Kompol Sri Haryanto itu pun mendapat dukungan dan disambut baik oleh para tokoh, pemuka masyarakat, para Kades dan aparatur pemerintahan setempat.

Alhasil, berkat gotong-royong dan didanai oleh warga, Rumah Bhabinkamtibmas pun akhirnya berdiri kokoh.

Dengan mengambil moment kehadiran Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono pada pelaksanaan Apel Kebhinekaan di halaman Mako Polres Landak pada Rabu (16/5/2018).

Dalam rangkai kegiatan, secara simbolis dilaksanakan peresmian dan penanda tanganan Prasasti oleh Kapolda Kalbar terhadap Rumah Bhabinkamtibmas.

Dengan disaksikan oleh Plt Bupati Landak Herculanus Heriadi, dan seluruh pejabat pemerintahan maupun swasta serta undangan yang hadir sekitar 700 orang.

Menurut Kompol Sri Haryanto yang saat ini sudah menjabat Kabag Ops Polres Landak, menerangkan bahwa Kecamatan Jelimpo memiliki wilayah Pemerintahan cukup luas.

Terletak di batas wilayah Kabupaten Landak dan Kabupaten Sanggau, dengan jumlah penduduk yang sangat minim dibanding luas wilayah. Sehingga hal tersebut yang membuat investor berlomba menanamkan invesnya di sini.

Hal tersebut tentulah sangat berdampak terhadap kehidupan masyarakat Jelimpo, baik dampak sosial, ekonomi, psikologi dan budaya. Dimana kesemua dampak tersebut setidaknya sebagian akan berimplikasi pada gangguan keamanan.

"Tidak semua permasalahan yang terjadi harus dibawa ke ranah hukum. Setidaknya melalui Rumah Bhabinkamtibmas, warga dapat bertemu membahas mau pun menyelesaikan suatu permasalahan yang terjadi," ujar Kompol Sri Haryanto.

Sementara itu, Kapolsek Ngabang Kompol Ida Bagus Gde Sinung menambahkan, Kecamatan Jelimpo masuk dalam wilayah Hukum Polsek Ngabang.

Sehingga dengan adanya rumah Bhabinkamtibmas di Jelimpo, lebih mempermudah pelayanan kepada masyarakat. "Selain itu warga dapat langsung berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas bila melakukan setiap pertemuan," tutupnya (*)

Penulis: Alfons Pardosi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help