Ini Penyebab Genangan Air di Beberapa Titik di Pontianak

Kondisi dataran Kota Pontianak yang berada sekitar 0,5-1 meter diatas permukaan laut dan sebagian daerah yang malah

Ini Penyebab Genangan Air di Beberapa Titik di Pontianak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANESH VIDUKA
Pengendara melintas di Jalan Purnama I Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (16/5/2018) siang. Diguyur hujan pada Selasa malam, sejumlah Gang dan komplek di Jalan Purnama I Pontianak terendam banjir. TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA 

laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kondisi dataran Kota Pontianak yang berada sekitar 0,5-1 meter diatas permukaan laut dan sebagian daerah yang malah berada di bawah ketinggian air pasang laut maksimal sehingga menjadikan daerah-daerah tertentu akan tergenang air saat hujan maupun saat terjadinya air pasang atau rob.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pontianak, Ismail menerangkan kondisi tergenangnya beberapa titik tersebut karena hujan yang cukup lama dan terjadinya air pasang di Sungai Kapuas.

"Pontianak tidak ada banjir hanya genangan saja, karena waktu genangan 3 sampai 7 jam saja. Kita usahakan akan lebih rendah tapi kondisinya tergantung air pasang Sungai Kapuas," ucap Ismail, Rabu (16/5/2018).

Sementara untuk sistem jaringan saluran di Pontianak, Ismail menyebutkan sudah baik karena selalu dipelihara setiap tahunnya secara berkala.

Baca: Pernyataan Sikap PW Muhammadiyah Kalbar Jelang Pilkada Serentak

"Cume memang bagitu ada hujan yang lebat dan air Kapuas Pasang, sehingga air yang ada turunnya lambat, karena menunggu air Kapuas Surut," jelasnya.

Dijelaskannya kembali jika permukaan tanah Pontianak ini memang datar dan banyak juga daerah yang berada dibawah permukaan air pasang maksimal.

Beberapa lokasi di Pontianak tergenang bahkan saat tidak hujan karena beberapa kawasan di Pontianak berada di bawah ketinggian air pasang maksimal.

Hari ini menurutnya memang ada beberapa lokasi yang tergenang, namun saat siang hari sudah surut bahkan kering.

"Jadi pada saat hujan seperti tadi malam terjadi genangan dan ditambah air Kapuas yang naik maka tergenanglah beberapa titik yang ada karena air turun mengantre setelah air Kapuas surut," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: listya sekar siwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help