Citizen Reporter

Inpago 9 Genjot Produktivitas Padi di Lahan Kering  

Kementerian Pertanian berkomitmen untuk terus tingkatkan produksi padi nasional.

Inpago 9 Genjot Produktivitas Padi di Lahan Kering   
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Hamparan tanaman Inpago 9 merupakan salah satu varietas inbrida padi gogo yang dikhususkan untuk lahan kering. 

Citizen Reporter,

Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Republik Indonesia

 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kementerian Pertanian berkomitmen untuk terus tingkatkan produksi padi nasional. Setelah pada tahun 2016 produksi padi capai 79,35 juta ton dan tahun 2017 capai 81,07 juta ton, Kementan menargetkan produksi pada tahun 2018 bisa mencapai 81,2 juta ton.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk menggenjot produksi adalah mengembangkan varietas padi dengan produktivitas tinggi. Varietas unggulan yang turut dikedepankan Kementan saat ini adalah varietas inpago 9.

Kepala Balai Besar Penelitian (BBP) Padi, Ismail Wahab menerangkan Inpago 9 merupakan salah satu varietas inbrida padi gogo yang dikhususkan untuk lahan kering.  Untuk meningkatkan luasan lahan tanam padi, Kementan saat ini tengah menggencarkan pemanfaatan lahan suboptimal termasuk lahan kering.

Baca: Perempuan dan Politik, Ini Kata Ratu Dian

Saat ini, sekitar 90 persen produksi padi dihasilkan di lahan sawah. Padahal, pemanfaatan lahan kering untuk budidaya padi memiliki potensi yang masih sangat besar.

“Padi gogo bisa ditanam secara tumpang sari dengan tanaman pangan lain, seperti singkong dan jagung, ataupun dengan tanaman tahunan seperti jati, kelapa dan karet,” ungkapnya, Senin (14/5/2018).

Saat ini, Kementan melalui Badan Litbang Pertanian menggencarkan pengembangan berbagai varietas padi inpago. Salah satu varietas padi gogo unggulan yang telah dikembangkan Kementan adalah varietas padi inpago 9.

Ismail Wahab menambahkan berdasarkan areal tanam produksi benih klas SS di lahan sawah Kebun Percobaan Pusakanegara, Subang, produktivitas varietas inpago 9 mencapai 8 – 9 ton per hektare.

Halaman
12
Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: listya sekar siwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help