Pemerintah Pusat Puji Komitmen Pelayanan Air Bersih Pemkot Pontianak dan PDAM Tirta Khatulistiwa

"Saya melihat komitmen Kota Pontianak sangat tinggi cukup baik dari Pemda lainnya, terbukti program MBR Pemkot Pontianak terus meningkat,"

Pemerintah Pusat Puji Komitmen Pelayanan Air Bersih Pemkot Pontianak dan PDAM Tirta Khatulistiwa
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SYAHRONI
Kepala CPMU Program Hibah Air Minum dan Sanitasi, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR, Chandra R. P Situmorang. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah pusat memberikan pujian dan apresiasi yang tinggi pada Pemkot Pontianak dan PDAM Tirta Khatulistiwa terhadap komitmen dalam memberikan pelayanan air bersih pada masyarakat setempat.

Hal itu disampaikan langsung oleh, Kepala CPMU Program Hibah Air Minum dan Sanitasi, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR, Chandra R. P Situmorang yang menyatakan dan melihat secara langsing komitmen Kota Pontianak sangat tinggi, dan cukup baik dari Pemda lainnya. Hal ini terbukti program sambungan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) mereka terus meningkat sejak 2016 lalu.

Baca: Detik-detik Densus 88 Tembak Mati Budi Satrio, Ini Keterangan Ketua RT Setempat

"Saya melihat komitmen Kota Pontianak sangat tinggi, dan cukup baik dari Pemda lainnya, terbukti program MBR dari Pemkot Pontianak terus meningkat. Kemudian saya juga sudah menerima Perda penyertaan modal pada PDAM , maka kita lihat sangat berkomitmen dan kita dukung Pontianak karena merka juga berkomitmen," ucap Chandra R. P Situmorang, yang hadir saat apel upacata HUT PDAM Tirta Khatulistiwa ke 43, Senin (14/5/2018).

Baca: Stok Terbatas, Warga Rela Antre Beli Elpiji 3 Kg

Chandra menuturkan kedatangan ia HUT PDAM Kota Pontianak ini, sehubungan dengan adanya pelatihan terhadap Penanggung Jawab Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk program hibah air dan sanitasi oleh pemerintah pusat pada Pemda

Penanggulangan jawab SIM adalah orang yang ditunjukkan oleh PDAM untuk melaporkan progres pelaksanaan maupun informasi kegiatan lainnya.

Se Indonesia disebutnua ada 152 kabupaten-kota sebagai penerima dana hibah air minum perkotaan, satu diantaranya adalah Kota Pontianak dan semuanya dikumpulkan di Pontianak.

Sementara untuk di Kalbar yang mendapat program bantuan air bersih untuk sambungan MBR adalah Kapuas Hulu, Landak, Singkawang, Sambas dan Pontianak.

"Tetapi masih ada beberapa kendala juga dikabupaten lainnya, bukan Pontianak. Ini menyangkut penyertaan modal dari Pemda ke PDAM nya, ini yang kita harap melalui program hibah kita mendorong Pemda untuk mau mendukung operasi PDAM melalui penyertaan modal," ucapnya.

Sistem bantuan hibah ini dibuat dengan awalnya harus ada penyertaan modal dulu dari Pemda setempat.

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help