Transmisi Siantan-Tayan Siap Beroperasi Jelang Ramadan

Beroperasinya jalur transmisi 103 kilometer sirkit ini menandakan masuknya SUTT 150 kV Siantan-Tayan di Sistem Kelistrikan Khatulistiwa

Transmisi Siantan-Tayan Siap Beroperasi Jelang Ramadan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
SUTT Siantan-Tayan 150 kV membentang sepanjang 103 kms dan memiliki 302 tapak tower 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Direktur Bisnis Regional Kalimantan PLN Machnizon Masri, melakukan pengecekan langsung persiapan energize atau pemberian tegangan listrik untuk sirkit kedua Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Siantan-Tayan yang dijadwalkan berlangsung pada hari Jumat (11/5), setelah pada Rabu sebelumnya (09/5) sirkit satu juga telah berhasil energize.

Baca: Realisasi Investasi Triwulan I 2018 Capai Rp3,16 Triliun

Machnizon melalui press release yang disampaikan kepada tribunpontianak.co.id mengatakan engan beroperasinya transmisi jalur Siantan-Tayan akan memperkuat kelistrikan di Kalimantan Barat khususnya menjelang bulan Ramadan 1439 H.

Baca: Unik, Pensi SMA Islamiyah Pontianak Efektif Bangun Sensitifitas Siswa Terhadap Isu Lingkungan

Beroperasinya jalur transmisi sepanjang 103 kilometer sirkit ini menandakan masuknya SUTT 150 kV Siantan-Tayan dalam Sistem Kelistrikan Khatulistiwa.

Machnizon menuturkan bahwa tahapan energize ini merupakan tahapan akhir sebelum jaringan transmisi dapat beroperasi menyalurkan listrik dari GI Siantan ke GI Tayan maupun sebaliknya.

“Dengan beroperasinya SUTT Siantan-Tayan ini, suplai energi listrik di Kalimantan Barat akan lebih andal dan optimal, sehingga gangguan penyaluran dapat berkurang," ujarnya.

Jaringan transmisi Siantan-Tayan ini memiliki total 302 tapak tower dan 2 sirkit yang mampu menyalurkan daya listrik hingga mencapai 2x120 MW atau total 240 MW.

Ia juga mengungkapkan bahwa pasokan listrik yang andal dan percepatan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan diharapkan dapat ikut mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan iklim investasi yang lebih baik di Kalimantan Barat.

Meski melalui proses yang cukup panjang dan sempat mengalami beberapa kendala di lapangan, namun semua proses mulai dari perizinan, pembebasan lahan, tahapan pra konstruksi, pelaksanaan konstruksi hingga tahapan akhir berupa pengujian dapat terlaksana dengan baik.

Keberhasilan pembangunan jaringan transmisi ini tidak terlepas dari dukungan Kejaksaan Tinggi Kalbar, Binda Kalbar, Pemda setempat, tokoh adat, dan juga masyarakat di sekitar proyek.

Sebelumnya pada bulan Januari, trafo GI 150 kV Tayan dengan kapasitas 30 MVA berhasil energize dan dapat menyalurkan listrik sebesar 3 MW ke daerah Tayan dan sekitarnya. Sedangkan pada bulan April lalu, 2 Line Bay GI 150 kV Siantan arah Tayan telah selesai konstruksi dan pengujian akhir sehingga siap dioperasikan bersamaan dengan SUTT 150 kV Siantan-Tayan.

Penulis: Maskartini
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help