Wow! Dollar Capai Rp 14 Ribu, Ini Pernyataan Kritis Fadli Zon

Kami akan terus menjaga perekonomian Indonesia, fondasi kami perkuat, kinerja kami perbaiki

Wow! Dollar Capai Rp 14 Ribu, Ini Pernyataan Kritis Fadli Zon
TRIBUNNEWS.COM
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID -  Fadli Zon, Wakil Ketua DPR RI, mengkritisi situasi rupiah Rp 14 ribu per dolar. Dilansir TribunWow.com, melalui akun Twitter @fadlizon yang ia tuliskan pada Rabu (9/5/2018). Diketahui, kurs dolar kini mencapai 14 ribu rupiah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakana, kejadian itu akibatt situasi pasar yang sedang melakukan penyesuaian terhadap perubahan kebijakan oleh Pemerintah Amerika Serikat.

Hal yang akan dilakukan pemerintah untuk menyikapinya adalah dengan terus berkoordinasi menjaga kinerja perekonomian Indonesia tetap baik sambil sama-sama melalui masa penyesuaian ini.

(Baca: Lima Brimob dan Satu Tahanan Tewas, Polri Beberkan Kronologinya )

"Kami akan terus menjaga perekonomian Indonesia, fondasi kami perkuat, kinerja kami perbaiki, hingga apa yang disebut sentimen market itu relatif bisa netral terhadap Indonesia," kata Sri Mulyani di gedung Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, yang dilansir dari Tribunnews.com.

Menurut Sri Mulyani, pengelolaan dari sisi fiskal tetap terjaga, dengan defisit transaksi berjalan di bawah batas aman 3 persen terhadap produk domestik bruto (PDB), inflasi di kisaran 3,5 persen, serta tingkat pertumbuhan ekonomi sebesar 5,06 persen untuk kuartal I 2018 yang dinilai masih baik.

Kondisi tersebut membuat Fadli Zon ikut angkat bicara:

1) Melemahnya nilai tukar rupiah hingga menembus angka Rp. 14.000 per dollar Amerika Serikat pd awal pekan ini hrs mndpt perhatian yg serius.

2) Meskipun selalu disangkal oleh pemerintah, sy menilai Indonesia saat ini sebenarnya sudah berada di tahap awal krisis, dan pemerintah telah gagal dalam menjaga stabilitas rupiah.

3) Nilai tukar memiliki efek domino yg sgt besar dlm struktur perekonomian kita. Dlm periode Februari hingga Maret 2018 sj, misalnya, kita sdg menghabiskan sekitar US$2 miliar devisa untuk menyelamatkan rupiah.

4) Itupun ternyata tak sanggup mencegah rupiah jatuh ke angka Rp.14.000 per dollar.

Halaman
123
Editor: Jamadin
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help