Citizen Reporter

HIPMI Kalbar Sinergi Dengan Borneo Start Up Malaysia

Kunjungan yang diakhiri pada hari Selasa 24 April 2018 antara kunjungan kerja yang sukses dan hasil yang mendunia.

HIPMI Kalbar Sinergi Dengan Borneo Start Up Malaysia
ISTIMEWA
HIPMI Kalbar saat kunjungan kerja ke Malaysia 

Citizen Reporter

Ketua Bidang Internasional BPD HIPMI Kalbar, Taryati Sukmawati

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Startup Borneo Serawak mengadakan kunjungan ke luar negeri dan menjadikan Indonesia sebagai pilihan utama. Selain karena letak geografis yang hanya bersebelahan dengan Malaysia, terdapat juga spirit ke wirausahawaam dan kreatifitas yang tinggi dari para pengusaha muda di Indonesia.

Kunjungan kerja resmi StartUp Borneo ke Kalimantan Barat di Pontianak disambut baik oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kalbar.

Banyak potensi yang memberi dampak yang positif tidak hanya bagi BPD Hipmi Kalbar tetapi bagi StartUp Borneo Serawak pula terutama dari sisi Pengusaha Muda.

Kunjungan rombongan diantaranya Abdul Qaiyum Alidin, selaku Ketua StartUp Borneo, Mohd Nizam bin Ajim, sebagai Ketua Bidang Perhubungan Korporat dan Hubungan Luar Negeri juga Mohd Safiq Saibi dari Bidang Logistik.

Kerjasama antara StartUp Borneo dan BPD Hipmi Kalbar sangat diperlukan untuk menyukseskan misi membangun Startup atau Usahawan Pemula antara Malaysia dan Indonesia. Ketua Umum BPD Hipmi Kalbar, Denia Yurianti Abdussamad menyambut baik rencana dan kerjasama ini demi membangun daya dan semangat usaha Startup antar dua negara.

BPD Hipmi Kalbar yang diwakili Taryati Sukmawati sebagai Ketua Hubungan International dan Pariwisata, dan Uray Tiar Farozi sebagai ketua Agro bisnis, Agro industri, dan Kemaritiman serta pengurus BPD Hipmi Kalbar lainnya juga mempertemukan StartUp Borneo dengan beberapa pengusaha Muda Indonesia yang telah diakui oleh sebagian Negara Eropa dan juga Negara Timur seperti Jepang dan Korea Selatan

Mengambil contoh Uray Tiar Fahrozi, yang telah diakui oleh Canada dalam mengembangkan hasil tanaman dan peternakan dalam skala besar dan organik. Usaha konsisten Uray bersama MyAgro dalam perkebunan dan peternakan organik berupaya untuk menjaga jumlah produktivitas yang tinggi dan juga telah di undang ke Canada untuk berbagi ilmu dan memperlihatkan kesuksesannya di luar negeri.

(Baca: Kapal Pengangkut Karet Bocor Perairan Laut Ketapang )

Selain itu StartUp Borneo juga membuat kunjungan ke Tim Borneo SkyCam yang berhasil membina Drone yang dapat terbang selama 16 jam tanpa henti dengan menggunakan collar cell, dengan melihat pengurus BPD HIPMI Kalbar mempunyai potensi yang luar biasa, StartUp Borneo berinisiatif untuk bekerja sama dengan BPD Hipmi Kalbar dalam teknologi Renewable Energy.

Pengurus StartUp Borneo, Abdul Qaiyum Alidin mengatakan pihaknya melihat perkembangan dunia kewirausahawaan diantara dua negara ini begitu pesat membangun. Ini akan terus menjadi hubungan kepada pembangunan ‘Smart City’ atau Kota Pintar dan Revolusi Industri 4.0 yang berwawasan dalam era Digital Ekonomi.

BPD Hipmi Kalbar, StartUp Borneo dan rekan-rekan strategis lainnya menyambut baik harapan Ketua Menteri Sarawak, YAB Datuk Patinggi Abang Johari Tun Openg yang kini giat meningkatkan Digital Ekonomi. Abdul Qaiyum juga sangat positif dan menyusun startegi untuk melakukan kerjasama rapat antara BPD Hipmi Kalbar dan StartUp Borneo.

Kunjungan yang diakhiri pada hari Selasa 24 April 2018 antara kunjungan kerja yang sukses dan hasil yang mendunia.

(Baca: Pamero: Generasi Muda Perlu Pembekalan Akademis dan Moral )

Pasca lebaran akan direncanakan segera untuk mengadakan MOU antara Hipmi Kalbar dan Start Up Borneo untuk kedepanya pengusaha-pengusaha muda potensial mendapat akses permodalan, dan memperlebar jaringan pasar.

Denia, sebagai Ketum Hipmi Kalbar sangat menyambut baik peluang ini dengan intensif melakukan komunikasi lanjutan guna membuka kesempatan naik kelas anggota HIPMI KalBar agar bisa bersaing di pasar internasional. "HIPMI Kalbar menyiapkan kader-kader unggulan agar semakin banyak tokoh-tokoh muda yang kami siapkan menjadi role model di lingkungan masyarakat. Menjadi Pengusaha Muda itu keren dan membanggakan," ujarnya.

Penulis: Maskartini
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help