Bazar Sekolah, Cara SMK LKIA Pontianak Selaraskan Teori di Kelas dan Praktik

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) LKIA Pontianak punya cara unik mengimplementasikan ilmu yang didapatkan siswa di kelas

Bazar Sekolah, Cara SMK LKIA Pontianak Selaraskan Teori di Kelas dan Praktik
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Suasana Bazaar Sekolah SMK LKIA Pontianak, beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) LKIA Pontianak punya cara unik mengimplementasikan ilmu yang didapatkan siswa di kelas dan bagaimana cara mempraktikkannya. Lewat sebuah event bazar, hal itu coba diwujudkan.

"Kegiatan bazar seperti ini sangat perlu untuk menguatkan antara teori dan praktik," ujar Kepala SMK LKIA Pontianak, Drs Aswad (50), saat dijumpai di ruang kerjanya, Rabu (09/05/2018).

Ia mengungkapkan, menguasai teori dan praktik dari disiplin ilmu yang dipelajari di sekolah menjadi hal penting. Sebab, dengan hal tersebut, kebermanfaatan ilmu yang dipelajari benar-benar dapat dirasakan siswa baik secara empiris maupun tidak.

Baca: Penutupan Kunjungan Tim Binter Wilayah Perbatasan Spotdirga Mabesau di Lanud HAD

Hal lainnya, yakni juga terkait dengan tuntutan kurikulum. Di mana pada sekolah kejuruan seperti sekolah yang dipimpinnya itu, kompetensi siswa jadi satu dari tolak ukur keberhasilan proses belajar mengajar.

"Jadi mereka harus tahu dunia kerja sebenarnya seperti apa. Lewat event bazar seperti ini, hal itu harapannya bisa dicapai," lanjutnya.

Selain itu, kemandirian diyakininya juga akan terbentuk dalam diri siswa. Lewat bazar ini, siswa bisa tampil lebih berani menawarkan produk yang dijual, dan belajar bernegosiasi dengan pelanggan yang tak lain siswa di sekolah ini sendiri.

Baca: Bupati Kapuas Hulu Hadiri Acara Puncak HKG PKK ke 46

Banyak aspek positif yang menurutnya bisa dihasilkan dari event bazar ini. Karena itu, pihaknya mengendakan pelaksanaannya rutin saban tahun.

"Selesai dari sekolah, mereka harapannya benar-benar siap terjun di dunia bisnis sebenarnya. Mempraktikkan semua teori yang mereka dapatkan di sekolah," pungkasnya.

Penulis: Ishak
Editor: listya sekar siwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help