Lima Rahasia Pesawat yang Diungkap Pilot

Sebenarnya untuk tahu kerja seorang pilot, tidak ada salahnya untuk bertanya langsung di waktu tertentu.

Lima Rahasia Pesawat yang Diungkap Pilot
EDUNEWS.id
Pilot 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TRIBUN - Berbeda dengan transportasi lain, penumpang pesawat tidak dapat melihat langsung kerja pengemudi, dalam hal ini pilot.

Hal yang umum dilakukan adalah penumpang duduk di bangku, beristirahat, dan menunggu sampai tujuan. Sebenarnya untuk tahu kerja seorang pilot, tidak ada salahnya untuk bertanya langsung di waktu tertentu. Seperti yang diungkapkan oleh pilot Thomas Cook Airlines, Vicky McCarthy (26) berikut.

Baca: Jatanras Polresta Tembak Residivis Pencuri HP

1. Boleh masuk kokpit pesawat "Kebanyakan orang takut tidak dapat masuk kokpit. Sebenarnya tidak ada salahnya bertanya kepada kru kabin. Jika terlalu sibuk di kokpit, maka kru kabin akan memberitahu," kata McCarthy. Di maskapai Thomas Cook Airlines, McCarthy mengatakan ada larangan bagi penumpang masuk kokpit pesawat saat tengah terbang. Namun diperbolehkan saat di darat.

2. Pilot mengganti rute perjalanan saat badai Sebelum berangkat, rute perjalanan telah direncanakan. Namun jika di tengah perjalanan terjadi badai, pilot akan berinisiatif mengganti rute yang direncanakan. "Cuaca itu tidak dapat diprediksi. Sebelum berangkat kami memiliki tavel cuaca. Umum bagi pilot mengganti rute karena cuaca, dengan persetujuan pemantau lalu lintas (traffic controller)," jelas McCarthy. Sebenarnya ia mengatakan pilot tidak merasa badai adalah situasi yang menakutkan. Biasanya pilot menghindari badai untuk kenyamanan penumpang.

Baca: Jokowi Bilang Silakan Saja Bila Ingin Jadi Presiden, Tetapi Harus Ingat Hal Satu Ini

3. Bilang saja kalau takut terbang Jika penumpang takut terbang, tidak ada salahnya mengatakan kepada kru kabin. Mereka dilatih untuk menenangkan orang yang takut terbang. "Mereka juga dapat menjelaskan apa yang sedang terjadi. Jika perlu pilot akan menjelaskan lewat pengumuman," kata McCarthy.

4. Jika takut terbang, hindari minum alkohol Kebanyakan orang berpikir minum alkohol yang banyak akan mengurangi rasa takut akan terbang. McCarthy menyarankan justru jauhi alkohol jika takut terbang. "Hal yang anda butuhkan adalah kontrol pada masa itu dan suasana tenang, jadi hindari minum minuman beralkohol," kata McCarthy.

Baca: Hari Kebebasan Pers, Jurnalis Pontianak Sepakat Jaga Netralitas

5. Masih banyak penumpang yang terkejut dengan pilot wanita "Banyak penumpang yang memberiku ekspresi yang lucu. Aku pikir mereka tidak biasa, karena tidak banyak wanita di industri ini dulu," jelas McCarthy.

Baca: Mahasiswi Asal Sanggau Tewas Terlindas Trailer di Ambawang

6. Autopilot tak benar-benar menerbangkan pesawat "Autopilot itu alat canggih yang dapat mengurangi beban kerja. Namun autopilot sekalipun masih memerlukan manusia untuk mengoperasikan," kata McCarthy. Ia menjelaskan pilot tetap harus siaga terhadap segala perubahan. Terlebih pemantau lalu lintas udara dapat melakukan perubahan meskipun ada di udara.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lima Rahasia Pesawat yang Diungkap Pilot

Editor: Didit Widodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help