Pemilu 2019

Ini Cara KPU Provinsi Sosialisasikan Pemilu 2019

Komisi Pemilih Umum (KPU) Provinsi Kalbar menyelenggarakan Pagelaran seni budaya

Ini Cara KPU Provinsi Sosialisasikan Pemilu 2019
TRIBUNFILE/ISTIMEWA
Suasana saat Komisi Pemilih Umum (KPU) Provinsi Kalbar menyelenggarakan Pagelaran seni budaya mengusung tema 'Pemilih Berdaulat Negara Kuat' di Auditorium Untan Pontianak, Sabtu (21/4/2018) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK -  Komisi Pemilih Umum (KPU) Provinsi Kalbar menyelenggarakan Pagelaran seni budaya mengusung tema 'Pemilih Berdaulat Negara Kuat' di Auditorium Untan Pontianak, Sabtu (21/4/2018) malam.

Berbagai persembahan seni mulai dari tarian, nyanyian, hingga teaterikal memeriahkan acara yang dilaksanakan secara serentak KPU di Kalbar dan se-Indonesia ini.

"Seluruh KPU kabupaten/kota, seluruh KPU provinsi, bahkan KPU RI juga menggelar hal yang sama pada hari ini, pada tanggal ini dan dimulai dari siang tadi (Sabtu, red)," ujar Ketua KPU Kalbar Umi Rifdiyawaty dalam sambutannya.

Ia mengatakan, diadakannya pagelaran seni budaya merupakan bagian dari upaya KPU dalam mensosialisasikan peserta Pemilu 2019.

Baca: Jika Terpilih, Ini yang Akan Dilakukan Midji-Norsan untuk Daerah Perbatasan

"Sebagaimana kita ketahui bahwa ada 20 partai politik yang telah ditetapkan. 20 parpol tersebut, empat di antaranya adalah partai lokal, Provinsi Daerah Istimewa Aceh," ujarnya

Menurutnya, KPU Provinsi juga menginformasikan daerah pemilihan (dapil) untuk DPRD kabupaten/kota/provinsi dan DPR RI. Dapil DPRD provinsi dan DPR RI sudah menjadi bagian dari lampiran Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

"Sedangkan untuk dapil (DPRD) kabupaten/kota, ini ditata ulang ya, sepanjang masih memenuhi unsur," terang Umi. Penataan ulang dapil dan alokasi DPRD kabupaten/kota di Kalbar telah rampung ditetapkan, dan telah sahkan oleh KPU RI pada 4 April 2018 lalu.

Selain itu, Umi juga menjelaskan terkait pemilihan calon anggota dewan perwakilan daerah (DPD) dapil Kalbar pada Pemilu 2019.

Sebanyak 39 bakal calon yang telah mengambil username dan password Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP).

Kegiatan pagelaran seni budaya tersebut terbuka untuk umum. Mulai dari mahasiswa, organisasi kepemudaan, kelompok penyandang disabel hingga partai politik hadir dalam kegiatan itu.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help