Pemilu 2019

Gelar Pagelaran Seni Budaya, Ini Yang Disosialisasikan KPUD Sambas

"Tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat, dalam Pemilihan Umum Serentak tahun 2019," ungkapnya.

Gelar Pagelaran Seni Budaya, Ini Yang Disosialisasikan KPUD Sambas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TITO RAMADHANI
Dalam rangka meningkatkan partisipasi dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2019, KPU Kabupaten Sambas menyelenggarakan kegiatan Pagelaran Seni Budaya menyongsong satu tahun penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019 di depan Kantor KPUD Sambas, Jalan Gusti Hamzah No 16, Sambas, Sabtu (21/4/2018).   

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Ketua KPUD Sambas, Suaib mengungkapkan peserta pagelaran seni budaya yang digelar pihaknya, melibatkan masyarakat umum, perwakilan partai politik, perwakilan komunitas, LSM atau ormas, perwakilan instansi dan lembaga pemerintah, media massa dan pemangku kepentingan.

"Tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat, dalam Pemilihan Umum Serentak tahun 2019," ungkapnya.

Kemudian mensosialisasikan kepada masyarakat, tanggal pemungutan suara Pemilu tahun 2019 yaitu pada tanggal 17 April 2019.

Baca: Serentak KPU Kapuas Hulu Gelar Pagelaran Seni Budaya, Ini Tujuannya

"Nanti pada tahun 2019, serentak dua Pemilu yang akan kita laksanakan, yakni Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden. Dan ini mungkin yang pertama kali. Ini pertama kali, tentu ini perlu persiapan dan koordinasi yang lebih baik. Sehingga pada tanggal 17 April 2019 nanti, penyelenggaraannya bisa dilaksanakan dengan baik, aman dan sukses," jelasnya.

Lanjutnya, kita nanti akan memilih 5 perwakilan atau 5 surat suara yang nanti akan didapatkan atau dipegang ataupun hak dari setiap pemilih.

"Pertama surat suara untuk DPR RI, yang kedua DPD RI, yang ketiga DPRD provinsi dan yang keempat DPRD kabupaten. Itu legislatif 4, ditambah satu lagi yang kelima yaitu Presiden dan Wakil Presiden. Jadi ada 5 surat suara, teknis Pemilunya nanti akan disiapkan 5 berita acara di masing-masing TPS, ini luar biasa ini nanti," papar Suaib.

Kemudian yang juga wajib disosialisasikan, yaitu partai politik peserta Pemilu 2019.

Suaib menyebutkan, ada 20 parpol, namun dari 20 parpol tersebut, sebanyak 16 merupakan partai politik nasional dan 4 partai politik lokal di Aceh.

Halaman
12
Penulis: Tito Ramadhani
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help