Prajurit Lantamal XII Pontianak Gelar Latihan Praktek Komunikasi

Prajurit Lantamal XII Pontianak laksanakan latihan praktek komunikasi Tahap I pada Kamis (12/4/2018)

Prajurit Lantamal XII Pontianak Gelar Latihan Praktek Komunikasi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Prajurit Lantamal XII Pontianak saat mengikuti praktek latihan komunikasi. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hadi Sudirmansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Prajurit Lantamal XII Pontianak laksanakan latihan praktek komunikasi Tahap I pada Kamis (12/4/2018) di Gedung Malahayati Markas Komando (Mako) Lantamal XII Pontianak Jalan Komyos Sudarso No. 1 Pontianak

Kepala Dinas Penerangan Lantamal XII Pontianak Mayor Laut (E) Irawan Tribudiono menuturkan Pelatihan praktek prajurit komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat penting guna mendukung dalam pelaksanaan tugasnya di bidang komunikasi.

Baca: 4 Bahaya Bayi Diberi Air Putih, Ganggu Otak hingga Rusak Ginjal

"Sebab dalam melaksanakan suatu rencana operasi, Keberhasilan suatu operasi tergantung dari koordinasi dan komunikasi yang baik antara satu dengan yang lain. "Kata Irawan pada Minggu (15/4)

Lanjutnya, Di dalam organisasi Angkatan Laut Satuan Komunikasi mempunyai tugas pokok melaksanakan dukungan komunikasi baik untuk kepentingan operasi maupun administrasi antara komando tingkat atas dengan komando tingkat bawah, serta bertanggungjawab atas kerahasiaan suatu berita yang dikirim atau diterima.

"Komunikasi akan berjalan dengan baik dan lancar apabila personil pengawak memahami bagaimana cara mengoperasikan Alkom dan mengerti tentang prosedur komunikasi,"jelasnya

Dan Latihan komunikasi Tahap I Lantamal XII ini di pimpin langsung Kasatkom Lantamal XII Letkol Laut (P) Gurtom fartianto, juga mengatakan bahwa Latihan ini diselenggarakan agar personil pengawak Alkom khususnya yang berdinas di Posal, Posmat, KAL dan Patkamla dapat terjaga dan meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan penugasan di lingkungan komunikasi TNI AL.

Baca: Pembunuh Sadis Menyerah, Pengamat Sosial: Pengaruh Besar Tokoh Masyarakat


"Di dalam latihan praktek komunikasi ini, prajurit di latih dalam berbagai hal berkaitan dengan fungsi dan tugasnya mengawaki peralatan komunikasi. Alat komunikasi seperti berita melalui isyarat bendera semapore, pengiriman berita RTG (Radio Tele Grap ) dengan lampu isyarat, menerima berita SRAL (Siaran Radio Angkatan Laut)," katanya.

Dan melaksanakan pengoperasian komunikasi pengiriman dan penerimaan telegram dengan komando jajaran TNI AL , serta melaksanakan distribusi telegram ke seluruh satuan kerja di bawah jajaran lantamal XII Pontianak.

Di dalam Latihan para peserta Bintara dan Tamtama Satuan Komunikasi Lantamal XII ini menerima bimbingan dari para Perwira Tentang pengetahuan komunikasi baik administrasi telegram, pengetahuan laksanakan perawatan Alkom, perawatan Jaringan internet VPN IP dan perawatan telepon mako lantamal XII, perawatan sound system dan mendukung dalam kegiatan protokoler.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: listya sekar siwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help