Home »

Video

Berita Video

Prajurit Lantamal XII Pontianak Gagalkan Penyelundupan 94 Ton‎ Rotan ke Malaysia

Pada saat dilakukan penangkapan oleh KRI Sembilang-850, KLM. Putri Setia mengarah utara menuju perairan Malaysia.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hadi Sudirmansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Prajurit TNI AL dari Lantamal XII Pontianak berhasil menggagalkan Kapal KLM Putri Setia upaya penyelundupan 94 Ton Rotan yang rencanakan akan di kirim ke Malaysia

Komandan Lantamal XII Pontianak Laksma TNI Gregorius Agung W. D., M.Tr (Han) saat di konfirmasi pada laksanakan Press Conference pada Senin (16/4) siang di Dermaga Mako Lantamal Xll Pontianak menuturkan upaya penyelundupan berhasil di gagalkan oleh KRI Sembilang-850 yang di komandani Mayor Laut (P) Wida Adi Prasetya.

Baca: KRI Sembilang-850 Satrol Lantamal XII Pontianak Gagalkan Penyelundupan Rotan ke Malaysia

KRI Sembilang-850 merupakan Unsur Organik Satuan Patroli Lantamal XII, dibawah kendali Operasl (BKO) Gugus Tempur Laut Armada Barat (Guspulabar) yang dalam satuan tugas “Operasi Poros Sagara 2018” melaksanakan patroli di sekitar perairan wilayah kerja Lantamal XII Pontianak kalimantan barat.

Baca: Lantamal XII Pontianak Gagalkan Penyelundupan Rotan ke Malaysia

Kronologi penggagalan upaya penyelundupan yang bermula KRI Sembilang-850 melakukan patroli pada tanggal 7 April 2018 di sekitar perairan Pulau Datu divisi jaga laut melihat kontak mencurigakan dengan haluan ke utara mendekati perbatasan perairan Malaysia pada posisi 01° 26’ 070” U 108° 55’ 075" T,

Kemudian Komandan KRI Sembilang-850 memerintahkan untuk melaksanakan pendekatan dan peran tempur bahaya umum daIam hal ini peran pemeriksaan dan penggeledahan.

Dari hasil pemeriksaan dan penggeledahan terhadap KLM. Putri setia dengan GT. 51 ditemukan muatan Rotan jenis sega kurang lebih 94 ton yang berdasarkan ketentuan yang berlaku dilarang untuk diekspor.

Seianjutnya dari pemeriksaan diperoleh fakta bahwa berdasarkan SPB seharusnya kapal beriayar menuju Jambi. Namun pada saat ditangkap posisi kapal menyimpang sangat jauh menuju ke utara mengarah ke perairan Malaysia.

Halaman
123
Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help