TribunPontianak/

Ketua KSP Nilai Program TPS Terapung Bukan Solusi,  Malah Timbulkan Masalah Ini

Kalau itu kemudian menjadi TPS pembuangan dari atas atau permukiman dan pasar maka itu akan menimbulkan masalah baru nantinya.

Ketua KSP Nilai Program TPS Terapung Bukan Solusi,  Malah Timbulkan Masalah Ini
TRIBUPONTIANAK.CO.ID/BELLA
Koordinator Kreasi Sungai Putat (KSP) Syamhudi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak,  Syahroni 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Kreasi Sungai Putat (KSP)  Syamhudi menilai program pembuatan Tempat Pembangunan Sementara (TPS)  terapung  di Sungai Kapuas bukanlah solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan  masalah sampah yang  ada,  keberadaan  TPS terapung ditegaskannya  akan menimbulkan persoalan  baru nantinya.

"Pertama saya melihat itu seperti  apa desain TPSnya,  kemudian target dari TPS itu siapa. 
Kalau itu ditargetkan untuk membersihkan sampah yang terapung itu atau yang hanyut disungai itu menjadi bagian dari alternatif solusi yang ada,"ucap Syamhudi yang merupaka penggiat  lingkungan  ini,  Senin (16/4/2018).

Baca: Kadis DLH yang Baru Sampaikan Program Tempat Sampah Terapung

Kalau itu kemudian menjadi TPS pembuangan dari atas  atau permukiman dan pasar maka itu akan menimbulkan masalah baru nantinya.

Bang Yudi sapaan akrabnya menambahkan jika program ini harus dipertegas, apa fungsinya dan dari mana target nya. 

Baca: Dinas Lingkungan Hidup Kota Pontianak Gelar Acara Penutupan Tiga Bulan Bersih Sampah

Jika Pemkot hanya mengatakan itu untuk masyarakat  tepian sungai,  menurutnya  kurang tepat dan pasti akan memunculkan persoalan baru nanti.  

"Pertama kita bicara masalah air lindinya, pasti lari kesungai dan lalu muncul persoalan  mencemari lagi," ucap Bang Yudi. 

Selama ini, dari KSP mendorong sampah diselesaikan dirumah tangganya atau rumah masing-masing harus dipilah.  Sehingga pengolahannya tinggal di TPS atau TPA menjadi mudah karena sudah terpisah..

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help