TribunPontianak/

Bupati Lantik Kades Negeri Baru, Ini Pesannya Agar Pembangunan Desa Lebih Maju

upati Ketapang, Martin Rantan melantik Ahmad Suharto menjadi Kepala Desa (Kades) Negeri Baru Kecamatan Benua Kayong

Bupati Lantik Kades Negeri Baru, Ini Pesannya Agar Pembangunan Desa Lebih Maju
TRIBUNFILE/ISTIMEWA
Bupati Keyapang, Martin Rantan menyerahkan SK untuk Ahmad Suharto sebagai Kades Negeri Baru setelah pelantikannya di Pendopo Bupati Ketapang, Senin (16/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Bupati Ketapang, Martin Rantan melantik Ahmad Suharto menjadi Kepala Desa (Kades) Negeri Baru Kecamatan Benua Kayong di aula Pendopo Bupati Ketapang, Senin (16/4/2018). Suharto terpilih menjadi Kades beberapa waktu lalu.

Pada pelantikan ini dihadiri  Wakil Bupati, Suprapto, Fokopimda, kepala dinas. Serta kepala badan, kepala Kantor, tokoh masyarakat dan lain-lain.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan otonomi daerah telah memberikan keleluasaan bagi daerah.

Terutama untuk mengatur dan menyelenggarakan urusan rumah tangga daerah berdasarkan atas prakarsa dan kemampuan daerah. Kemudian Pemerintah Daerah berkewajiban untuk mendorong terselenggaranya otonomi desa.

“Khususnya bagi desa yang berada diwilayahnya,” kata Bupati ketika menyampaikan kata sambutan pada acara itu melalui rilis Peliputan Kehumasan dan Protokol Setda Ketapang, Alwi Adi kepada Tribun di Ketapang, Senin (16/4/2018).

Baca: Serem! Tren Hijab Pocong oleh Desainer asal Malaysia

“Sehingga penyelenggaraan Pemerintah Desa dapat mencapai tujuan. Misalnya peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan bagi masyarakat desa. Serta terwujudnya desa mandiri dan lain sebagainya di Pemerintahan Desa,” lanjutnya.

Dalam menyelenggarakan otonomi desa sebagai wujud upaya mengatur dan mengurus rumah tangga desa. Maka desa memiliki kewenangan yang telah ada sebagai hak asal usul desa selain kewenangan lainnya berdasarkan peraturan perundangan.  

Kewenangan merupakan hak asal usul desa disebutkan Bupati yaitu menetapkan Peraturan Desa dan menyelenggarakan Pemerintahan Desa. Kemudian memiliki pimpinan Pemerinatah Desa dan memiliki kekakayaan desa

Halaman
12
Penulis: Subandi
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help