DPRD Minta Pemkab Ketapang Serius Tangani ODGJ

“Kita minta pihak terkait juga mendata secara detail jumlah ODGJ di Ketapang. Rincikan berapa kebutuhan biaya untuk penanganannya,” tegasnya.

DPRD Minta Pemkab Ketapang Serius Tangani ODGJ
TRIBUPONTIANAK.CO.ID/SUBANDI
Ketua DPRD Ketapang, Budi Mateus 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG – Ketua DPRD Ketapang, Budi Mateus meminta Pemkab Ketapang menyikapi serius persoalan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). 

 Lantaran sesuai Undang-undang sudah diatur bahwa Pemerintah bertanggungjawab terhadap ODGJ.

Terlebih di Ketapang menurutnya juga ada dianggarkan untuk penanganan ODGJ. “Tahun lalu saja anggarannya ratusan juta berupa tagihan dari Rumah Sakit Jiwa Sungai Bangkong, Singkawang,” katanya kepada Tribun di Ketapang, Jumat (13/4/2018).

Baca: Sisir Jejak-jejak Ban Motor, Polres Landak Berhasil Tangkap Pencuri Motor Ini

Sebab itu ia berharap tak ada ODGJ di Ketapang ditelantarkan apalagi hingga dipasung.

“Jadi Pemerintah dalam hal ini hingga Pemerintah tingkat desa harus pro aktif. Jika ada ODGJ harus segera ditangani untuk pemulihannya,” ucapnya.  

Baca: Kirim 22 ODGJ di Ketapang ke Rumah Sakit Jiwa

Ia menegaskan lantaran anggarannya bisa berupa tagihan seperti tahun lalu. Maka Pemerintah melalui pihak terkait tak ada alasan tak mengirim ODGJ untuk dirawat ke rumah sakit jiwa.

“Jadi jangan sampai ada alasan tak ada dana untuk menangangi ODGJ,” ujarnya.

Menurutnya DPRD Ketapang komitmen mendukung dalam hal menanggani ODGJ.

“Kita minta pihak terkait juga mendata secara detail jumlah ODGJ di Ketapang. Kemudian rincikan berapa kebutuhan biaya untuk penanganannya,” tegasnya.

“Setelah itu tentu DPRD bersama Pemkab Ketapang akan membahasnya untuk dianggarkan. Kita berharap kedepan Ketapang bisa bebas atau tak ada ODGJ. Jika pun ada yang mengalami bisa langsung ditangangi serius oleh pihak terkait,” lanjutnya. 

Penulis: Subandi
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help