TribunPontianak/

Pilgub Kalbar

Bawaslu akan Layangkan Surat ke Cagub soal Posko Pemenangan

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kalbar memantau keberadaan posko relawan atau pemenangan tim Pasangan Calon (Paslon)

Bawaslu akan Layangkan Surat ke Cagub soal Posko Pemenangan
TRIBUPONTIANAK.CO.ID/RIDHO PANJI PRADANA
Komisioner Bawaslu Kalbar, Faisal Riza 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK -Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kalbar memantau keberadaan posko relawan atau pemenangan tim Pasangan Calon (Paslon). Apalagi, posko yang dibuat belum dilaporkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Maka dari itu, Koordinator Divisi Sosialiasi dan Pengawasan Bawaslu Kalbar, Faisal riza mengaku, pihaknya akan segera menyurati masing-masing Paslon. Karena, diterangkan, berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) sehari sebelum masa kampanye sudah harus disampaikan kepada KPU.

"Kami mendapatkan informasi hal tersebut masih sebatas lisan. Oleh karena itu, kami akan segera menyurati dan koordinasi kepada masing-masing Paslon tentang keberadaan posko pemenangan," tegas Faisal Riza kepada Tribun, Kamis (12/4).

Faisal menerangkan, PKPU mengatur bahwa masing-masing peserta Pilkada harus melaporkan dan mendaftarkan setiap posko relawan atau pemenangan. Laporan itu, dikatakan, berkaitan dengan lokasi serta jumlah posko yang dibentuk.

Pandangan berbeda disampaikan Komisioner KPU Kalbar, Misrawi. Ia menerangkan bahwa tidak ada pengaturan bagi Paslon untuk mendaftarkan dan melaporkan posko relawan atau posko pemenangan ke KPU. "Berkaitan posko, tidak ada pengaturan harus melapor atau tidak ke KPU," jelasnya.

Karena tidak diatur kepada Paslon soal Posko, dikatakan, tim boleh saja membuat posko hingga tingkat desa/kelurahan. "Kita tidak ada informasi soal berapa jumlah posko relawan. Karena, memang tidak ada kewajiban mereka untuk melaporkan keberadaan posko Paslon," pungkasnya. Kepala Bidang (Kabid) Partisipasi Pemerintah Daerah (PPD) HMI Cabang Pontianak, Kamarullah mengaku bahwa keberadaan posko pemenangan para Paslon Gubernur-Wakil Gubernur Kalbar maupun Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pontianak masih dalam kategori wajar.

Meskipun demikian, ia menilai penyelenggara Pemilu ataupun pengawas Pemilu harus mendata posko-posko relawan masing-masing Paslon. "Mungkin dalam sisi pengawasan penting untuk didata keberadaan posko pemenangan para paslon tersebut," katanya.

Ia menilai itu penting untuk dilakukan untuk mencegah kemungkinan munculnya gesekan masyarakat di bawah. Apalagi, dikatakan, jika posko tersebut berada dekat dengan fasilitas publik. Ia menyarankan untuk membuat regulasi soal pembatasan jumlah maksimal posko relawan.

"Kita harapkan Panwaslu maupun Bawaslu dapat segera melakukan pendataan terhadap keberadaan posko-posko relawan tersebut," pungkasnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: haryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help