TribunPontianak/

4 Makanan Penambah Sperma

Jumlah sperma yang sedikit dan tidak berkualitas bisa menghambat seorang pria untuk menjadi ayah

4 Makanan Penambah Sperma
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Jumlah sperma yang sedikit dan tidak berkualitas bisa menghambat seorang pria untuk menjadi ayah. Namun, persoalan itu mungkin bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan penambah sperma.

Berdasarkan penelitian, pola makan yang buruk bisa menurunkan produksi serta kualitas sperma. Nah, agar kinerja sperma saat proses pembuahan berjalan optimal, pria disarankan mengonsumsi makanan penambah sperma kaya nutrisi. Makanan semacam itu bisa merangsang produksi sperma yang berkualitas.

Berikut ini adalah empat jenis makanan penambah sperma yang mungkin bisa meningkatkan sekaligus memperbaiki kualitas sperma, seperti dikutip dari laman Alodokter.com.

1. Makanan dengan antioksidan tinggi

Zat antioksidan bisa membantu meningkatkan pergerakan sperma dan mencegahnya mengalami kerusakan. Kandungan ini bisa didapat dari asupan antioksidan dari anggur, buah beri (blueberi, stroberi, dan raspberi), sayuran hijau (bayam, selada, dan brokoli), wortel, ubi manis, kacang-kacangan, teh, dan makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh.

2. Makanan yang mengandung asam folat

Asam folat adalah nama lain dari vitamin B9. Menurut penelitian, pria yang kekurangan vitamin ini sulit memproduksi sperma yang berkualitas. Kandungan asam folat bisa diperoleh dari sayuran hijau,sereal, kacang-kacangan, dan buah-buahan sitrus (lemon, jeruk mandarin, dan jeruk nipis).

Baca: 10 Tips Sederhana Awet Muda, Kurangi Garam hingga Olahraga Teratur

3. Makanan yang kaya akan zinc

Mengonsumsi cukup zinc mencegah infertilitas akibat sperma yang menggumpal. Untuk mengambil manfaat itu, makanan mengandung zinc dapat ditemui pada tiram, kepiting, lobster, daging sapi, dan daging ayam

Halaman
12
Editor: haryanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help