Citizen Reporter

Bupati Martin Optimistis Industri Hilir Kelapa Sawit Dorong Kemajuan Daerah

Maka saya harap pola kemitraan mampu memberikan dampak signifikan kepada masyarakat.

Bupati Martin Optimistis Industri Hilir Kelapa Sawit Dorong Kemajuan Daerah
ISTIMEWA
Bupati Ketapang, Martin Rantan serahkan cenderamata plakat Kabupaten Ketapang kepada GAPKI Kalbar┬ádi Pendopo Bupati Ketapang, Senin (26/3). 

Citizen Reporter

Peliputan Humas dan Protokol Setda Ketapang, Andi Candra

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG–Bupati Ketapang, Martin Rantan mengatakan dalam berinvestasi tentunya perusahaan harus mendapat keuntungan. Serta harus bisa membantu pemerintah daerah khususnya membangun infrastruktur yang belum terbiayai anggaran.

Kemudian masyarakat juga tentu mendapatkan dampak multiflier efek dari kegiatan investasi tersebut.

“Dengan adanya 74 perusahaan perkebunan sawit yang sudah mendapat Izin Usaha Perkebunan,” kata Bupati di Ketapang, Senin (26/3).

“Maka saya harap pola kemitraan mampu memberikan dampak signifikan kepada masyarakat. Hingga sekarang jujur saja saya belum ada melihat pola kemitraan memberikan dampak signifikan terhadap koperasi,” lanjutnya.

(Baca: Kasat Reskrim: Kemungkinan Tersangka Kasus Video Mesum Sambas Bertambah )

Ia mengatakan banyak kepala desa curhat kepadanya  terkait dengan pola kemitraan. Bahkan ada pola plasma yang satu anggota hanya mendapatkan Rp 74 ribu per bulan. Sementara itu hutan sudah tidak ada lagi untuk berburu atau mencari rebung.

Karenanya Bupati berharap keberadaan perkebunan seimbangan dengan harapan masyarakat untuk mensejahterakan perekonomian. Pola kemitraan ini diharapkan bisa memberikan dampak signifikan bagi masyarakat yang dikelola oleh koperasi.

Selain itu, adanya 25 pabrik kelapa sawit di Ketapang sebagai industri hulu dari perkebunan sawit. Maka sudah saatnya di Ketapang berdiri industri hilir perkebunan sawit pengolahan crude palm oil (CPO).

Halaman
12
Penulis: Subandi
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved