Citizen Reporter

Generasi MillenNial Peran Kebangsaan dan Nasionalisme

Ir. Firmansyah Mardanoes MM. Anggota DPR RI F-PPP Menggelar Acara Sosialisasi 4 Pilar di Gedung YPBU (Yayasan Panca Bhakti Utama) Pontianak.

Generasi MillenNial Peran Kebangsaan dan Nasionalisme
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HAMDAN DARSANI
Ir. Firmansyah Mardanoes MM Anggota DPR RI F-PPP Menggelar Acara Sosialisasi 4 Pilar di Gedung YPBU (Yayasan Panca Bhakti Utama) Pontianak. 

Citizen Reporter
Hakman
Koordinator Kegiatan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Ir. Firmansyah Mardanoes MM. Anggota DPR RI F-PPP Menggelar Acara Sosialisasi 4 Pilar di Gedung YPBU (Yayasan Panca Bhakti Utama) Pontianak.

Dalam Diskusi kali ini Firmansyah Mardanoes mengupas dan Membahas Tantangan Generasi Millenial terhadap upaya kesadaran menjaga nilai kebangsaan dan nasionalisme. Beberapa waktu lalu

"Seperti kita ketahui bahwa Generasi Millennial adalah terminologi generasi yang saat ini banyak diperbincangkan oleh banyak kalangan di dunia diberbagai bidang, apa dan siapa gerangan generasi millennial itu?. Millennials (juga dikenal sebagai Generasi Millenial atau Generasi Y) adalah kelompok demografis (cohort) setelah Generasi X, papar Firman dalam presentasi nya.

Selanjutnya ungkap Firman "Peneliti sosial sering mengelompokkan generasi yang lahir diantara tahun 1980 an sampai 2000 an sebagai generasi millennial. Jadi bisa dikatakan generasi millennial adalah generasi muda masa kini yang saat ini berusia dikisaran 15 – 34 tahun".

Baca: Masyarakat Kabupaten Mempawah Resah Beredar Kabar Telur Palsu

Acara yang dihadiri kurang lebih 150 Peserta ini diantaranya adalah Kalangan Mahasiswa AMIK, AMP, APJ, HMJ STAIN Pontianak dan FKPPI Kalimantan Barat ini sengaja dihadirkan di tengah tengah Mahasiswa dan Pemuda dalam rangka membangun sinergitas peran pemuda, Mahasiswa dan Generasi Millenial (Generasi Zaman Now).

Selanjutnya Menurut Firman dalam presentasi nya, bahwa Di Indonesia studi dan kajian tentang generasi millennial belum banyak dilakukan, padahal secara jumlah populasi penduduk Indonesia yang berusia antara 15-34 tahun saat ini sangat besar, 34,45%.

Tahun lalu memang ada sebuah majalah bisnis yang tajuk utamanya membahas generasi millennial, tapi sayang coverage liputanya masih sebatas kaitannya generasi millennial dengan dunia pemasaran, belum masuk secara substansi ke ruang lingkup kehidupan mereka secara menyeluruh.

"Dibanding generasi sebelum, generasi millennial memang unik, hasil riset yang dirilis oleh Pew Researh Center misalnya secara gamblang menjelaskan keunikan generasi millennial dibanding generasi-generasi sebelumnya. Yang mencolok dari generasi millennial ini dibanding generasi sebelumnya adalah soal penggunaan teknologi dan budaya pop/musik. Kehidupan generasi millennial tidak bisa dilepaskan dari teknologi terutama internet, entertainment/hiburan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi generasi ini," terang Firman.

Halaman
12
Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help