Manfaat Daun Kratom dan Legalitasnya

Keberadaannya kemudian menjadi kontroversi akibat beberapa catatan yang mengindikasikan daun ini berkemungkinan mengandung zat psikotropika.

Manfaat Daun Kratom dan Legalitasnya
net
daun kratom 

TRIBUNPONTIAN.CO.ID, PONTIANAK - Popularitas daun kratom sempat menyedot perhatian beberapa waktu lalu. Punya nilai ekonomi tinggi, daun yang juga familiar disebut daun purik ini lantas jadi primadona untuk kepentingan ekonomi.

Namun, keberadaannya kemudian menjadi kontroversi akibat beberapa catatan yang mengindikasikan daun ini berkemungkinan mengandung zat psikotropika.

Lantas, hal inipun memantik perhatian seorang peneliti sekaligus dokter muda di Kapuas Hulu, dr Gagat Adiyasa untuk menelisik lebih jauh tentang daun ini.

Baca: Gudang Daun Kratom di Kalis Hangus Terbakar, Kerugian Ditaksir Capai Rp 1 Miliar

Berikut hasil penelusurannya, lewat tulisan yang dikirim kepada www.tribunpontianak.co.id, Rabu (21/03/2018) :

"Kepopuleran daun kratom atau daun purik melambung tinggi karena harga jual yang merangkak tinggi. Banyak warga mulai menanam dan memperjual belikan daun kratom dikarenakan nilai ekonomisnya yang menguntungkan.

Kratom (Mitragyna speciosa Korth) merupakan tanaman tropis yang yang berasal dari asia tenggara (muang thai, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filiphina) dan papua nugini.

Tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman obat herbal untuk mengobati beberapa penyakit seperti diare, pereda nyeri, batuk, darah tinggi, dan lemah syahwat.  

Baca: Kratom Tak Masuk Golongan Narkoba

Kratom juga biasa digunakan untuk mengatasi kelelahan dan meningkatkan semangat kerja.

Halaman
1234
Penulis: Ishak
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help