IBI Kalbar Dukung Komitmen Program KKBPK

Selain itu, kami juga telah melakukan bhakti sosial di masyarakat melalui bidan peduli

IBI Kalbar Dukung Komitmen Program KKBPK
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / RIZKY PRABOWO RAHINO
Suasana Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2018 di Hotel Kapuas Palace, Jalan Budi Karya Pontianak, Senin (19/3/2018) siang. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Kalbar, Urai Rosdiana menegaskan bahwa IBI berkomitmen dukung program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2018.

"IBI Kalbar memiliki anggota lebih dari 5 ribu orang tersebar dalam kantor pemerintahan, kantor swasta, Rumah Sakit (RS), puskesmas, polindes dan klinik pemerintah swasta," ungkapnya saat Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2018 di Hotel Kapuas Palace, Jalan Budi Karya Pontianak, Senin (19/3/2018) siang.

Selama ini, IBI telah berupaya menunjang program Keluarga Berencana (KB). IBI sudah ikut serta dalam kegiatan promosi Kampung KB. IBI juga mensukseskan Manunggal KB TNI-Polri. 

(Baca: Perdana Planetarium Tiba di Tugu Khatulistiwa, Ini Fungsinya )

"Selain itu, kami juga telah melakukan bhakti sosial di masyarakat melalui bidan peduli. Termasuk sosialisasi KB melalui peran bidan di tingkat kecamatan sampai desa, serta beberapa kegiatan lainnya," katanya. 

Suksesnya program KB, kata Urai, dapat dicapai dengan Sumber Daya Manusia (SDM) professional dan ketersediaan pelayanan kesehatan dasar. 

IBI punya strategi guna mendukung program KKBPK diantaranya penguatan kompetensi tenaga bidan melalui upgrade ilmu baik dunia pendidikan maupun mengikuti pelatihan dan seminar kebidanan. IBI juga melakukan advokasi dan turut serta (partnership) pada program pemerintah dalam upaya peningkatan SDM. 

"Kami juga mengoptimalkan pelayanan persalinan yang standar, melakukan konseling KB dalam rangka pengendalian penduduk, serta melakukan pembinaan keluarga atau anggota IBI dan melakukan bhakti sosial sebagai fungsi sosial di masyarakat," tandasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved