OSO Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kayong Utara

Wakil Ketua MPR RI, DR H Oesman Sapta Odang gelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di Aula Pendopo Bupati Kayong Utara

OSO Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kayong Utara
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANESH VIDUKA
Oesman Sapta Odang 

laporan Wartawan Tribun Potianak Muhammad Fauzi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Wakil Ketua MPR RI, DR H Oesman Sapta Odang gelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di Aula Pendopo Bupati Kayong Utara, Rabu (14/3/2018).

Selain OSO, juga hadir dua anggota MPR RI selaku pembicara. Keduanya adalah Gede Pasek Suardika, SH, MH dan dr Delis Julkarson Hehi, MARS.

Sosialisasi yang kesekian kalinya ini digelar kerjasama antara Sekretariat MPR RI dan Pemkab Kayong Utara. Acara dihadiri Bupati Kayong Utara, H Hildi Hamid, Wakil Bupati, Idrus, Sekretaris Daerah, Dra Hj Hilaria Yusnani.

Baca: Mulai Sekarang Jangan Minum Teh Saat Perut Kosong, 5 Bahaya Ini Mengintai Kamu!

Hadir pula unsur pimpinan dan anggota DPRD, Kapolres, LO Dandim dan asisten Setda serta kepala OPD Pemkab Kayong Utara.

Termasuk Camat dan Kepala Desa se Kayong Utara serta pelaku pendidikan juga ulama.

OSO yang juga Ketua DPD RI ketika mengawali pembicaraan mengajak warga Kayong Utara untuk berpikir positif terhadap pemerintah. Sebab, diakui tokoh nasional asal Sukadana ini, bahwa pemerintah telah berkerjakeras untuk mengsejahterakan masyarakat.

"Masyarakat Kayong Utara harus berpikir positif, juga berpikir maju supaya daerah ini menjadi lebih baik," ungkapnya.

Baca: Kampanye di Kayong Utara, Milton Puji Kerukunan Antar Budaya

Dalam kesempatan itu, pria Kelahiran Sukadana ini juga merasa bahagia, karena bisa pulang kampung dan berkumpul dengan masyarakat Kayong Utara. Tidak heran, jika dirinya lebih banyak bercerita dengan gaya khas sebagai orang kampung. "Kita sama-sama orang kampung, jangan pernah malu mengakui kalau kita anak orang kampung," ucapnya disambut tepukan tangan peserta yang hadir.

Untuk mengupas lebih dalam soal empat pilar kebangsaan, OSO memberikan kesempatan kepada dua anggota MPR RI, Gede Pasek Suardika dan dr Delis Julkarson Hehi. "Kedua rekan saya ini sama-sama dari daerah. Pak Gede dari Bali dan dr Delis dari Sulawesi. Orang Bali dan orang Bugis banyak di Kayong Utara, sehingga kita bisa merasakan indahnya persaudaraan," sebutnya.

Baca: Hujan Lebat Ancam Terjadinya Banjir, Warga Kayong Harap Ada Solusi dari Pemerintah

Sementara Dr Delis Julkarson Hehi memaparkan, empat pilar kebangsaan tersebut warisan pendiri bangsa. Oleh karenanya, ke empat pilar meliputi UUD NKRI tahun 1945 ketetapan MPR, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika harus selalu dipupuk dan dirawat. "Empat pilar kebangsaan ini yang menjadikan kita kokoh," terang Delis.

Begitu pun Gede Pasek. Diakuinya, kalau pada jaman kerajaan Seiwijaya dan Majapahit sangat dikenal. Namun tak kalah hebatnya, ada kerajaan dari pedalaman yang jauh hebat yaitu kerajaan Kartanegara. "Sekuat kerajaan besar itu tinggal sejarah karena kita terpecah belah. NKRI sekarang ada karena kita bersatu, maka persatuan harus kita kokohkan dalam berbangsa dan bernegara," ajaknya.

Penulis: Muhammad Fauzi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved