Buka Musrenbang, Plt Bupati Landak: Jangan Dianggap Hanya Kegiatan Seremonial

Herculanus Heriadi membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Landak tahun 2018 di Aula Besar Kantor Bupati Landak.

Buka Musrenbang, Plt Bupati Landak: Jangan Dianggap Hanya Kegiatan Seremonial
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ALFON PARDOSI
Plt Bupati Landak Herculanus Heriadi saat membuka dan menyampaikan kata sambutan dalam Musrenbang Kabupaten Landak tahun 2018 di Aula Besar Kantor Bupati Landak pada Selasa (13/3). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Alfon Pardosi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Plt Bupati Landak Herculanus Heriadi membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Landak tahun 2018 di Aula Besar Kantor Bupati Landak pada Selasa (13/3).

Dalam kesempatan tersebut, Heriadi berharap ada hasil yang baik dari Musrenbang. "Jangan ini dianggap hanya kegiatan seremonial. Karena ini adalah tolak ukur kita untuk program-program ke depan," ujarnya dalam sambutan.

Dijelaskan Heriadi, Musrenbang sebelumnya sudah dimulai dari tingkat bawah yakni Desa, Kecamatan, Kabupaten. "Setelah ini nanti tentunya dibawa ke Musrenbang Provinsi, baru ke tingkat Nasional," katanya.

Baca: Pemkab Landak Melaksanakan Musrenbang Tahun 2018

Diakuinya, APBD Landak hanya sekitar 1,3, Triliun. "Besar kedengarannya, tapi banyak keperluan. Gaji pegawai sudah berapa, belum lagi untuk kesehatan, pendidikan. Jadi sikit saja lagi yang kita rasakan untuk pembangunan," ucapnya.

Maka dari itu menurutnya, hal-hal yang sangat penting yang memang harus diperjuangkan. "SKPD dan Dewan mesti memberikan usulan itu terarah dan tepat sasaran. Paling penting lagi harus mengacu pada RPJMD serta Visi dan Misi Kabupaten," terangnya.

Sedangkan kepada para Kades, Heriadi meminta agar usulan mesti yang prioritas. "Kades kalau mau buat program jangan banyak-banyak, kan dana Desa ada. Bappeda dan Camat kasi pandangan kepada Kades, kalau mengusul itu skala prioritas," ungkapnya.

Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Umum Setda Provinsi Kalbar, Marlina dalam pemaparannya mengatakan, forum Musrenbang yang dilaksanakan tersebut mempunyai arti penting. Sebab, melalui forum Musrenbang inilah seluruh pemangku kepentingan dapat melakukan penajaman.

"Penyelarasan dan klarifikasi, sehingga tercapai kesepakatan terhadap rancangan RKPD Kabupaten Landak tahun 2019 yang telah disusun Pemerintah Daerah," tutupnya.

Penulis: Alfons Pardosi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help