Cap Go Meh

Pertama Kali Saksikan Cap Go Meh di Singkawang, Menpora Malah Ajak Wali Kota Berjalan Kaki

"Ini pertama kali saya menyaksikan langsung festival Cap Go Meh di Singkawang, dan sungguh luar biasa...,"ujarnya

Pertama Kali Saksikan Cap Go Meh di Singkawang, Menpora Malah Ajak Wali Kota Berjalan Kaki
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANESH VIDUKA
Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi menyaksikan langsung atraksi Tatung dan pawai budaya Tionghoa pada festival Cap Go Meh 2569 di kota Singkawang, Jumat (2/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Anesh Viduka

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG-Untuk pertama kalinya, Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi menyaksikan langsung atraksi Tatung dan pawai budaya Tionghoa pada festival Cap Go Meh 2569 di kota Singkawang, Jumat (2/3/2018). 

"Ini pertama kali saya menyaksikan langsung festival Cap Go Meh di Singkawang, dan sungguh luar biasa, dan tradisi ini tidak boleh berhenti sampai kapan pun, ini harus dikembangkan,dan kedepan ibu Wali, ini tidak cukup menjadi hajatan ibu walikota Singkawang dan masyarakat Singkawang, ini harus jadi hajatan nasional, ini harus menjadi kebanggan indonesia, karena saya yakin di dunia hanya ada di sini, apalagi jumlah tatungnya ini melampaui rekor yaitu 1.038 tatung, luar biasa," katanya. 

Baca: Hadiri Cap Go Meh di Singkawang, Menteri Agama Ajak Jaga Kebersamaan Dalam Kemajemukan

Disela-sela parde Tatung dan pawai budaya yang digelar disepanjang Jalan Diponegoro, pak Menteri mengajak Wali kota Singkawang Tjhai Chui Mie jalan kaki dari panggung utama menuju panggung lelang bersama iringan-iringan tatung dan peserta pawai.

Baca: Cap Go Meh di Belitang Hilir Semarak, Bupati Rupinus Ikut Bangga

"Saya tadi sengaja ngajak jalan ibu wali, siapa tau suatu saat jadi tatung juga," katanya sambil tertawa. 

Sontak ungkapan menteri Imam Nahrawi tersebut membuat seluruh warga yang hadir tertawa dan bertepuk tangan. 

"Saya sejak tadi malam sudah menyiarkan ke seluruh penjuru dunia bahwa hari ini, Jumat,akan ada acara spektakuler, pemecahan rekor, yaitu Cap Go Meh di Singkawang," katanya. 

"Sekali lagi terima kasih kepada ibu wali kota, panitia pak Kapolda pak Dandim dan seluruh masyarakat Singkawang serta seluruh para tamu yang terhormat," katanya lagi.

Pada kesempatan ini Menteri Pemuda dan Olahraga RI tersebut mengatakan sangat bangga dan bersyukur karena wali kota Singkawang Tjhai Chui Mie menyampaikan bahwa pukul 11.00 WIB suara gendang dan pawai harus dihentikan, karena umat muslim akan menunaikan ibadah salat Jumat. 

"Saya bersyukur, tadi ibu walikota menyampaikan jam 11 harus berhenti, itu artinya toleransi di Singkawamg betul-betul mengagumkan, saling menghormati, saling menghargai, ini lah sesungguhkan ruh kita sebagai bangsa Indonesia,"  ujarnya kagum. 

"Dan singkawang, kita akan terus lestarikan budaya kita, dari Singkawang kita akan terus mengamalkan pancasila,dari Singkawang kita berkokoh menjalin persatuan republik Indonesia, terakhir, terimakasih kepada gusdur, beliau yang sudah melestarikan dan mentradisikan ini semua," katanya. 

Pada kesempatan ini, Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi mengajak seluruh tamu undangan, warga dan para wisatawan yang hadir untuk mengheningkan cipta, berdoa bersama untuk almarhum Gusdur. 

Penulis: Anesh Viduka
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved