Cap Go Meh

Menjadikan Pariwisata Indonesia Yang Terbaik Dikawasan Asia Tenggara, Ini Kata Pj Gubernur Kalbar

Sejalan dengan misi pemerintah Kalimantan Barat yaitu terwujudnya masyarakat yang beriman,sehat cerdas dan aman, berbudaya dan sejahtera

Menjadikan Pariwisata Indonesia Yang Terbaik Dikawasan Asia Tenggara, Ini Kata Pj Gubernur Kalbar
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Ribuan warga menyaksikan atraksi tatung saat prosesi tatung cuci jalan di vihara Tri Dharma Bumi Raya, Singkawang, Kalimantan Barat, Kamis (1/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Anesh Viduka

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Perayaan Cap Go Meh senantiasa dinantikan masyarakat Kalimantan Barat, khususnya warga etnis Tionghoa, karena sesuai dengan kepercayaan Tri Dharma, naga merupakan makhluk suci dari kahayangan yang muncul ke muka bumi untuk mengusir roh-roh jahat sekaligus memberikan rahmat rejeki dan kedamaian serta mengusir bala.

Hal ini disampaikan Penjabat Gubernur Kalbar, Doddy Riyadmadji dalam kata sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kalbar, Hatta, pada pembukaan festival Cap Go Meh 2569 di Jalan Diponegoro, Singkawang, Kalimantan Barat, Jumat (2/3/2018).

Iring-iringan peserta pawai budaya Tionghoa dan parade tatung pada puncak Festival Cap Go Meh 2569 di Jalan Diponegoro, kota Singkawang,Kalimantan Barat, Jumat (2/3/2018).
Iring-iringan peserta pawai budaya Tionghoa dan parade tatung pada puncak Festival Cap Go Meh 2569 di Jalan Diponegoro, kota Singkawang,Kalimantan Barat, Jumat (2/3/2018). 

Sebelum menyampaikan sambutan resmi Pj Gubernur Kalbar, Hatta mengajak seluruh tamu undangan dan ribuan hadirin untuk mengucapkan salam Badan Nasional Penanggulangan Terosrisme (BNPT).

(Baca: Heboh! Dipeluk Sang Mantan, Pengantin Wanita Ini Langsung Pingsan )

Hatta pun mengucapkan salam yang berbunyi NKRI yang langsung di jawab HARGA MATI oleh tamu undangan dan ribuan warga yang hadir, kemudian Hatta mengucapkan salam yang berbunyi DAMAIKU yang dijawab INDONESIAKU oleh para hadirin.

"Saya mengucapkan selamat tahun baru Imlek 2569 dan Cap Go Meh 2018 bagi yang merayakannya, Gong Xi Fa Chai, dengan harapan semoga kita selalu diberikan umur yang panjang, dimurahkan rejeki dan selalu sehat," kata Hatta memulai membacakan sambutan Pj Gubernur Kalbar,Doddy Riyadmadji.

Perayaan event budaya yang tumbuh dan berkembang dan mengakar merupakan kekayaan budaya lokal yang terus dilestarikan dan merupakan proses asimulasi dan akutulasi dalam kurun waktu yang sudah cukup lama dan diwariskan secara turun temurun.

Perayaan Cap Go Meh mengandung kultur yang berisikan nilai-nilai religi yang mengakui kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa yang harus dilestarikan dari generasi ke generasi agar terbentuk karakter dan pekerti masyarakat yang berkepribadian.

(Baca: Pj Gubernur Kalbar Buka Pertandingan Final Barongsai Mandiri Barongsai Festival IV )

Halaman
123
Penulis: Anesh Viduka
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved