Pentingnya Toilet Training untuk Si Kecil

Pengenalan toilet training harus dilakukan sejak dini kepada si kecil karena semakin besar maka akan semakin sulit memberi tahunya.

Pentingnya Toilet Training untuk Si Kecil
ILUSTRASI 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ana Sesar Andani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Psikolog, Rika Indarti mengungkapkan bahwa anak kecil khususnya dengan rentang umur 1 - 3 tahun wajib diberikan Toilet Training.

Apa si toilet training itu? Toilet training merupakan upaya dari orang tua untuk melatih kemampuan anak Buang Air Kecil (BAK) dan Buang Air Besar (BAB) ditempat yang seharusnya.

Baca: YouTuber Ini Bocorkan Cara Hitung Voting Indonesian Idol

Tempat seharusnya adalah toilet atau kamar mandi sehingga si kecil tidak perlu menggunakan Diapers lagi.

Sebagai orang tua kita wajib untuk mengenalkan toilet learnig seperti yang dikatakan Rika bahwa kemampuan ini mempengaruhi pola perilaku pada fase perkembangan selanjutnya contohnya anak-anak usia dini berusia 1-3 tahun yang sukses melaksanakan tugas perkembangan toilet training cenderung menampilkan perilaku disiplin di kemudian hari.

Baca: YouTuber Ini Bocorkan Cara Hitung Voting Indonesian Idol

Usia yang tepat untuk si kecil mengenal toilet training saat memasuki usia 1 tahun, Namun menurut Rika anak bisa diajarkan mengenai toilet training sedini mungkin.

"Menurut pengalaman pribadi ya sedini mungkin, bila kita memiliki toilet duduk, ketika bayi sudah bisa duduk tegak mulai boleh kita latih untuk setiap pagi sebelum beraktivitas lain ,menempatkan anak duduk di toilet (dgn alat khusus bayi) dan melatih utk ia BAB. Hal ini juga penting utk mengatur jam biologis anak, sehingga akhirnya terbentuk kebiasaan setiap pagi Ia ke toilet untuk BAB," tuturnya.

Lalu sebagai orang tua gimana cara yang tepat mengajarkan si kecil tentang toilet learning? Ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Halaman
12
Penulis: Ana Sesar Andani Pangarepo
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help