Setop Semua Proyek Konstruksi Layang

Menteri PUPR Basuki memastikan langkah menghentikan sementara proyek infrastruktur melayang bukan sebagai bentuk moratorium.

Setop Semua Proyek Konstruksi Layang
TRIBUNNEWS
Bekisting pierhead di proyek Tol Becakayu roboh di Jalan DI Panjaitan, Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, Selasa (20/2/2018) pukul 00.30 WIB. Polisi sudah memasang garis polisi di lokasi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Dalam setahun terakhir, setidaknya terjadi 15 kasus kecelakaan konstruksi yang sebagian di antaranya terjadi pada proyek infrastruktur nasional.

Insiden teranyar adalah robohnya bekisting pierhead proyek Tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu) Jakarta Timur pada Selasa (20/2/2018) yang memakan korban tujuh orang pekerja terluka.

Baca: Hadiah Rp 6,2 Miliar! Ini Jadwal Siaran Langsung Piala Gubernur Kaltim: Arema-Persebaya Beda Grup

Imbas kembali terjadinya kecelakaan konstruksi pada proyek infrastruktur, pemerintah menyatakan memoratorium atau menunda sementara semua proyek konstruksi bersifat elevated atau melayang, baik jalan tol layang, jalur layang MRT, maupun jalur layang LRT di seluruh Indonesia.

Kesepakatan diteken oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno.

Baca: Pegawai BPJS Digrebek Suaminya di Hotel dengan Pria Lain, Videonya Bikin Syok!

Menteri PUPR Basuki memastikan langkah menghentikan sementara proyek infrastruktur melayang bukan sebagai bentuk moratorium.

Tapi penghentian sementara pekerjaan yang di atas permukaan tanah, hingga seluruh kontraktor yang menggarap tol layang dapat memastikan prosedur operasional standar yang diterapkan sudah sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Kita prihatin dengan kecelakaan beruntun pada proyek infrastruktur Pemerintah tersebut.

Langkah menghentikan semua proyek konstruksi bersifat melayang tersebut sudah tepat, supaya ada evaluasi total, sehingga tidak terulang insiden serupa yang sudah makan banyak korban.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Suroso
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved