Tjhai Chui Mie Ingin Jadikan Singkawang Sebagai Bali Kedua di Indonesia

Kita perlu berbangga Cap Go Meh di Singkawang terbesar di Indonesia bahkan beberpa media menyebut terbesar di dunia

Tjhai Chui Mie Ingin Jadikan Singkawang Sebagai Bali Kedua di Indonesia
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / TRY JULIANSYAH
Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie memberikan sambutan pada pembukaan Imlek dan perayaan Cap Go Meh 2018, Kamis (15/2) malam 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak,  Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK -  Pembukaan Imlek 2569 dan Cap Go Meh 2018 juga dihadiri Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Kamis (15/2) malam. Menurutnya perayaan Cap Go Meh sudah sangat dikenal, tidak hanya di Indonesia tetapi dunia.

"Kita perlu berbangga Cap Go Meh di Singkawang terbesar di Indonesia bahkan beberpa media menyebut terbesar di dunia. Dan ini merupakan agenda tetap kementrian Pariwista Indonesia," ujarnya.

Selain itu diakuinya banyak torehan prestasi yang dihasilkan oleh perayaan Cap Go Meh di Singkawang ini.

"Selama perayaan Cap Go Meh di Singkawang pernah tercatat rekor muri dengan lampion terbanyak 2009, Tatung terbanyak, tahun 2010. Kemudian Lampion terbesar 2011, Kue keranjang terbesar 2011. Replika tembok cina terbesar 2012, Naga terpanajng 2017," ungkapnya.

Menurutmya pula kebanggan teesebut karena peranan seluruh masyarakat kota Singkawang dari berbagai etnis yang ada di kota tersebut.

(Baca: Kobaran Api Masih Menyala di Lahan Gambut Desa Pasir )

"Ini semua kita semua yang mewujudkannya, terimakasih kepada paguyuban multi etnis, budayawan, seniman, yang telah mendukung.  ini menunjukan kerukunan antar etnis yang sangat harmonis, karena itu kita harus sama-sama menjaganya," ujarnya.

Tentu dalam pengembangan kepariwisataan menurutnya perlu adanya sinergitas semua Element yang ada di kota Singkawang. Sehingga Pariwista di kota Singkawang semakin dikenal dan mendunia.

Malam pembukaan perayaan Imlek dan Festival Cap Go Meh di Singkawang dimeriahkan dengan kembang api, Kamis (15/2) malam.
Malam pembukaan perayaan Imlek dan Festival Cap Go Meh di Singkawang dimeriahkan dengan kembang api, Kamis (15/2) malam. 

"Pariwista adalah ekosistem yang harus bersinergi agar tetap hidup, lintas sektor harus mendukung tumbuh kembang pariwisata ini. Saya bersama wakil, menginginkan Singkawang harus menjadi kota wisata, bahkan bisa menjadi Bali keduanya Indonesia," katanya.

Tentu untuk bisa mewujudkan itu, ia mengaku  bersama wakilnya tidak akan bisa mencapainya tanpa dukungan semua pihak.

(Baca: Hadiri Pembukaan Imlek 2569 dan Cap Go Meh, Ribuan Warga Padati Lapangan Kridasana )

"Semua ini butuh dukungan masyarakat, Investor akan ke kota kita bila kenyamanan, keamanan kebersihan terjamin tentu butuh dukungan semua pihak. Acara event besar ini tidak akan terlaksana tanpa sumbangsih semua pihak dan dana yang besar ini merupakan kerja keras ketua yang menggalangnya," tutupnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help